Kaltimpedia
Beranda Kutai Kartanegara Finalisasi Raperbup, Bagian Prokom Kukar Kunjungi Adpim Setda Kaltim

Finalisasi Raperbup, Bagian Prokom Kukar Kunjungi Adpim Setda Kaltim

Suasana kunjungan Bagian Prokom ke Adpim Setda Kaltim. (Istimewa)

Tenggarong – Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokom) Setkab Kutai Kartanegara melakukan silaturahmi ke Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Kalimantan Timur.

Kunjungan itu dalam rangka diskusi dan finalisasi rancangan peraturan bupati (Raperbup) tentang keprotokolan di lingkungan Pemkab Kukar untuk segera disahkan menjadi produk hukum daerah.

Kepala Bagian (Kabag) Prokom, Ismed mengatakan, Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan bekerjasama dengan Badan Riset Daerah (Brida) dalam menyusun Raperbup. Di mulai dari penyusunan draf dan pembahasan bersama tim peneliti atau tim ahli. Kemudian harmonisasi di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Kaltim.

“Dilanjutkan dengan evaluasi dari tim Biro Hukum Pemprov Kaltim, kemudian setelah itu dilakukan revisi maka dapat segera ditetapkan menjadi produk hukum daerah,” kata Ismed pada Rabu (21/6/2023).

Keberadaan Perbup Keprotokolan sangat penting. Diharapkan dapat mengatur berbagai urusan yang melekat pada Bagian Prokom, terkait tata tempat, tata upacara, tata penghormatan dan dokumentasi serta publikasi acara.

“Dari hasil diskusi tersebut disepakati draft keprotokolan dilanjutkan dengan finalisasi draft dengan melakukan revisi terhadap beberapa nomemklatur,” sebutnya.

Sementara Kabag Protokol Setda Kaltim, Wildan Taufik menyambut baik kunjungan silaturahmi tersebut.

Saat ini kata Wildan, ada beberapa daerah di provinsi membuat beberapa peraturan baru yang telah dikompilasi. Sebab didalam peraturan UU Nomor 9 tahun 2010 dirasa tidak lengkap secara detail mengenai tata pakaian dan lain-lain. Maka dibuatlah kombinasi lengkap bahkan termasuk membuat beberapa aturan dalam melaksanakan tugas dilapangan.

“Kami berharap Perbup Kukar dapat menjadi acuan sekaligus percontohan untuk Pemkab/Pemkot lainnya di Kaltim dalam rangka meningkatkan kinerja,” tutupnya. (fa/adv)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan