Kaltimpedia
Beranda Kutai Kartanegara Wabup Kukar Sampikan Berkurban Miliki Makna Pengorbanan Sangat Mendalam

Wabup Kukar Sampikan Berkurban Miliki Makna Pengorbanan Sangat Mendalam

Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin menyampaikan sambutan sebelum Sholat Iduladha. (Istimewa)

Tenggarong – Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rendi Solihin melaksanakan shalat Iduladha 1444 di Masjid Jami Nurul Huda, Kelurahan Kuala Samboja, Kecamatan Samboja pada Kamis (29/06/2023).

Pada kesempatan itu, Rendi Solihin mengatakan Iduladha disebut sebagai Yaumun Nahar atau hari berqurban. Ibadah qurban menjadi puncak ketakwaan dan penyerahan diri Nabi Ibrahim dan Ismail.

Hal ini terdapat nilai ketulusan dan kerelaan tingkat tinggi kepada Allah SWT. Secara simbolik bermakna adanya ketulusan dan kerelaan untuk memasrahkan diri dengan mematikan nafsu insani untuk benar-benar menjalankan perintah Allah.

Walaupun sangat berat dirasakan, dalam situasi ini Allah menguji kepatuhan keduanya. Paling penting yakni menggugah kesadaran, pola fikir, dan tindakan keduanya sebagai hamba dihadapan sang pencipta.

“Berkurban memiliki makna pengorbanan yang sangat mendalam, bahkan melampaui keterikatan fisik dan mengabaikan keinginan material, harta benda, dan lain-lain. Semata-mata untuk memberikan pengabdian yang lebih tinggi dan lebih besar kepada Allah SWT,” kata Rendi.

Dirinya juga semua pihak untuk bersinergi dan membangun harmoni dalam bingkai keagamaan dan keberagaman. Dengan harapan agar berdampak positif terhadap peningkatan empati, solidaritas dan soliditas antar sesama warga Kukar.

Diharapkan melalui kolaborasi dan sinergitas antara pemerintah, dunia usaha, akademisi dan masyarakat dapat mewujudkan pembangunan Kukar yang berdaya saing.

“Mari bersama-sama wujudkan Kukar yang lebih baik sesuai harapan, dambaan dan cita-cita kita semua,” tutupnya. (fa/adv)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan