Pemkab Kukar Resmi Tutup Pelatihan Kompetensi Penelitian dan Pengembangan

0 1,122

Kaltimpedia.com, Tenggarong – Asisten III Setkab Kukar Totok Heru Subroto resmi menutup Pelatihan Peningkatan Kompetensi Kelitbangan dalam rangka mewujudkan Kukar yang inovatif, berdaya saing dan mandiri (Idaman) di Hotel Aston Samarinda pada Sabtu (8/10/2022).

Kegiatan yang diselenggarakan selama dua hari, bertujuan untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) pegawai di bidang penelitian dan pengembangan (Litbang).

Totok mengatakan, pelatihan ini juga dirangkai dengan diskusi terkait Kelitbangan sebagai upaya revitalisasi dan transformasi. Untuk memperkuat fungsi think thank Pemkab Kukar terhadap penyelenggaraan tugas penelitian.

“Kami ucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para narasumber, serta apresiasi kepada para peserta atas kesediaan dan kesungguhannya dalam mengikuti pelatihan ini,” kata Totok.

ASN lanjutnya, tidak boleh berhenti menimba ilmu pengetahuan tetapi harus belajar dan belajar. Terutama memperdalam kemampuan menulis dan banyak-banyak membaca. Hal ini harus dilakukan untuk mendukung saat melakukan penelitian dan pengembangan sehingga menulis resume dan menyimpulkan bisa menjadi lebih baik lagi.

Kendati, ada beberapa catatan penting. Pelatihan digelar sebagai upaya untuk mengoptimalkan fungsi Kelitbangan guna menumbuhkan kompetensi dan kapasitasnya serta menggali potensi pendayagunaan.

“Balitbangda harus tetap kreatif dan inovatif. Banyak hal dan potensi yang bisa dimanfaatkan, sehingga diperlukan kreativitas dan inovasi untuk pemberdayaan masing-masing potensi tersebut,” tuturnya.

Totok berharap, nantinya semua kebijakan Pemkab Kukar dapat diriset dengan baik, dan memiliki bukti yang kuat. Apabila dihadapkan ke seluruh stakeholders, dapat menjadi kebijakan yang paling optimum karena dilakukan berdasarkan kajian yang mendalam dan komprehensif. (Dha/Adv)

Leave a comment