Kaltimpedia
Beranda Kutai Kartanegara Suguhkan Penampilan Seni, Kirab Budaya Awali TIFAF 2023

Suguhkan Penampilan Seni, Kirab Budaya Awali TIFAF 2023

Pelaksanaan Kirab Budaya Kukar Festival Budaya Nusantara 2023 yang berlangsung di Kedaton Kesultanan Kutai Kartanegara (Kaltimpedia)

TENGGARONG – Menyuguhkan penampilan seni dari 27 sanggar seni dan paguyuban. Kirab Budaya mengawali bermulanya Tenggarong Internasional Folk Art Festival (TIFAF) tahun 2023, Minggu (9/7/2023). Perhelatan kirab budaya ini telah dilakukan sejak pagi mulai dari Sekretariat Gerbang Raja hingga halaman Kedaton Kesultanan Ing Martadipura yang disambut antusias warga Tenggarong.

Antusias Kirab Budaya ini diapresiasi Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah. Dirinya mengatakan kesuksesan ini berkat dukungan Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura. Sebagaimana misi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar adalah melestarikan tradisi seni budaya Kutai khususnya di tanah Kabupaten Kutai Kartanegara.

“Kegiatan ini selain kita untuk melakukan pembinaan melestarikan tradisi seni budaya di tanah Kutai khususnya Kutai Kartanegara, juga kegiatan ini tidak terlepas dari rangkaian kebijakan yang kita tetapkan di dalam Kukar Idaman yaitu untuk memberikan dorongan kepada ekonomi kreatif melalui pembangunan di bidang pariwisata,” harap Edi.

TIFAF akan dilaksanakan selama enam hari hingga penutupannya pada Jumat (14/7/2023). Edi harap para partisipan dan juga beberapa daerah provinsi yang ada di nusantara ini serta kabupaten kota ini dapat mempertahankan melestarikan tradisi seni budaya mereka masing-masing.

“Semoga kegiatan ini memberikan manfaat kepada masyarakat Kukar, khususnya ekonomi kerakyatan,” pinta Edi.

Sementara Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura XXI, Aji Muhammad Arifin sangat mendukung TIFAF setiap tahunnya. Khususnya budaya yang dibawakan dari penjuru pulau di Indonesia.

“Harapan ke depannya lebih ditingkatkan, ada adat budaya dari mancanegara yang masuk di Kukar. Apalagi menyambut Erau, bisa-bisa aja lah menampilkan adat-adatnya, silahkan. Kami siap untuk menampung aspirasi adat tarian budaya ini,” harapnya. (ito/adv)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan