Kaltimpedia
Beranda Kutai Kartanegara Sambangi Kukar, Delegasi OICCA Diperkenalkan Olahraga Tradisional Setemlat

Sambangi Kukar, Delegasi OICCA Diperkenalkan Olahraga Tradisional Setemlat

Bupati Kukar, Edi Damansyah saat menyambut para peserta OICCA dari 56 negara islam (Kaltimpedia)

TENGGARONG – Sebanyak 56 perwakilan negara islam yang tergabung di Organization Of Islamic Coorporation Cultural Activity ( OICCA ) berkunjung ke Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Kedatangan para negara islam ini dalam rangka kunjungan OICCA ke Kalimantan Timur, dimana Kukar pada Jumat (7/7/2023). Menjadi salah satu tujuan persinggahan. Dan disambut oleh Bupati Kukar, Edi Damansyah dan jajaran pada Minggu (9/7/2023).

Salah satu rangkaian mereka di Kukar adalah mencoba Olahraga Tradisional (Oltrad) di Halaman Masjid Agung Sultan Aji Muhammad Sulaiman Tenggarong. Oltrad yang dicoba diantaranya adalah gasing, enggrang, bakiyak dan lainnya.

“Kita ini kebagian dari kunjungan delegasi OICCA yang kegiatan mereka berada di Provinsi Kalimantan Timur pada hari ini mereka berkunjung ke Tenggarong. Dan terima di kawasan masjid Agung Sultan Aji Muhammad Sulaiman,” ungkap Bupati Kukar, Edi Damansyah.

Edi menyebut olahraga tradisional dikenalkan karena telah menjadi identitas bangsa. Dikarenakan delegasi ini juga bagian dari komunitas olahraga tradisional makanya tadi disambut dengan beberapa cabang olahraga tradisional di Kutai Kartanegara. Tampaknya mereka cukup antusias untuk mencoba dari beberapa yang ditampilkan.

Orang nomor satu di Kukar tersebut berharap kunjungan ini dapat memberikan motivasi kepada kita semua khususnya komunitas-komunitas cabang olahraga tradisional ini bahwa yang namanya kearifan lokal tradisional itu harus terjaga dengan baik di Kutai kartanegara dan Indonesia.

“Saya ingin ini menjadi cerminan bahwa di negara luar juga barat arab seperti itu juga masih menjaga olahraga tradisional mereka. Saya kira semoga kunjungan ini bisa memberikan dorongan motivasi kepada kita semua,” harapnya. (ito/adv)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan