Kaltimpedia
Beranda Kutai Kartanegara Majukan Pertanian dengan Teknologi, Distanak Kukar Mulai Gunakan Drone Penyemprot Hama

Majukan Pertanian dengan Teknologi, Distanak Kukar Mulai Gunakan Drone Penyemprot Hama

Drone penyemprot hama (Istimewa)

TENGGARONG – Tunjang sektor pertanian dengan melibatkan teknologi. Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kutai Kartanegara (Kukar) hadirkan drone penyemprot hama dan tanaman. Yang berfungsi untuk mengendalikan hama pada lahan pertanian secara massal.

Kadistanak Kukar, Sutikno menjelaskan pengadaan drone penyemprot hama ini diharapkan menjadi pilot project. Untuk itu, Distanak Kukar baru menyediakan satu unitnya yang berharga Rp 200 Juta. Nantinya drone ini akan dikhusukan untuk penyemprotan tanaman. Dengan kapasitas 30 liter. Drone ini akan membantu petani secara efektif dan lebih cepat untuk menangani serangan hama pada lahan pertanian.

“Kita sudah lakukan beberapa kali uji coba dan respon masyarakat sangat antusias,” terang Sutikno.

Penggunaan drone penyemprotan ini terbukti efektif memangkas waktu penyemprotan di lahan pertanian. Secara signifikan, drone ini membantu proses penyemprotan lahan seluas 10 hektare dalam kurun waktu kurang dari satu jam hingga selesai. Sutikno pun berharap drone ini dapat mendorong generasi muda untuk terjun ke sektor pertanian Kukar yang telah maju.

“Kami ingin pemuda itu tidak melihat pertanian yang identik dengan lumpur dan kotor. Karena pertanian di Kukar ini sudah terbilang maju, dari persiapan lahan sampai panen kita semua pakai alsintan. Jadi kami berharap kedepan anak muda ini kembali melirik sektor pertanian,” harap Sutikno. (ito/adv)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan