Kaltimpedia
Beranda Kutai Kartanegara Pemkab Kukar Wacanakan Pembangunan Kawasan Pergudangan di Tiga Zona untuk IKN

Pemkab Kukar Wacanakan Pembangunan Kawasan Pergudangan di Tiga Zona untuk IKN

Sekretaris Disperindag Kukar, Sayid Fathullah (Istimewa)

TENGGARONG – Menyambut datangnya Ibu Kota Nusantara (IKN). Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) persiapkan berbagai rencana agar tidak tertinggal dalam pembangunnya yang berlangsung dengan pesat. Salah satunya dalam hal logistik dan hilirisasi industri. Yakni dengan merencanakan pembangunan kawasan pergudangan di tiga zona tersebar di Kukar.

Rencana ini disampaikan Sekretarsi Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kukar, Sayyid Fathullah. Dirinya mengatakan pembangunan kawasan pergudangan ini akan dibangun di zona pesisir, tengah dan hulu. Nantinya kawasan pergudangan ini akan menjadi sarana membantu meringankan beban ekonomi masyarakat. Salah satunya adalah menjadi tempat menyimpan kebutuhan pokok seperti sembako hingga lauk pauk. Yang dapat menjaga kestabilan harga, kualitas hingga daya beli masyarakat.

“Rencananya di Kecamatan Kembang Janggut untuk zona hulu. Untuk di zona tengah kami targetkan dibangun di Kecamatan Tenggarong atau Loa Kulu. Dan untuk di zona pesisir kemungkinan Kecamatan Samboja, Sangasanga atau Muara Jawa,” ujar Fathullah.

Disperindag juga bekerjasama dengan Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) untuk pengkajian rencana kawasan pergudangan ini. Fathullah menyebut kajian strategis ini telah dipersiapkan. Setelah rampung, Disperindag Kukar akan berkoordinasi dengan ATR/BPN untuk penentuan titik koordinat pembangunan gudang tersebut. Untuk mengetahui titik letak pembangunan dan penyediaan lahannya.

Fathullah sampaikan bahwa rencana ini sejalan dengan program prioritas Bupati, yakni hilirisasi industry dan pertanian. Pemkab Kukar juga berencana mencari investor untuk membantu meringankan APBD dalam pembangunan kawasan pergudangan ini.

“Kita sedang menyiapkan fundamental perekonomian menuju IKN, jadi kita tidak hanya jadi penonton,” tutupnya. (ito/adv)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan