Kaltimpedia
Beranda Kutai Kartanegara Pulau Tengah Sungai Jadi Keunikan Desa Muara Ritan

Pulau Tengah Sungai Jadi Keunikan Desa Muara Ritan

Obyek wisata Pulau Tengah Sungai Belayan, Desa Muara Ritan, Tabang. (Istimewa)

Tenggarong – Pulau ditengah sungai Belayan menjadi salah satu keunikan di Desa Muara Ritan, Kecamatan Tabang. Obyek wisata ini hanya dapat ditemukan pada saat air sungai dalam keadaan surut.

Pulau ini terbentuk lantaran permukaannya lebih tinggi daripada sisi lainnya. Bahkan momentum ini selalu ditunggu-tunggu masyarakat, terutama Kecamatan Tabang dan Kembang Janggut.

“Dimomen liburan besar banyak orang yang berkunjung ke Muara Ritan karena bisa buat kemping, kemah dan mencari ikan,” kata Kades Muara Ritan, Ardy Maroni, Sabtu (13/5/2023).

Ardy menjelaskan, potensi ini masih dalam tahap pengembangan lantaran sejumlah fasilitas penunjang belum tersedia. Selain itu, dirinya juga fokus membenahi tata kelola obyek wisata tersebut.

Desa Muara Ritan menjadi lokasi yang strategis. Pasalnya, sejumlah desa terdekat juga menawarkan potensi unggulan. Seperti Desa Tukung Ritan dan Ritan Baru yang terkenal akan kebudayaan karena mayoritas Dayak Kenyah.

“Pengelolaan secara profesional belum dilakukan, masih tahap proses. Arah pergerakan kita menuju desa wisata, ke depan ingin dikelola dengan baik,” tuturnya.

Saat ini pihaknya tengah mengencarkan promosi wisata dengan berbagai cara, salah satunya melalui media sosial. Meski jauh dari pusat ibu kota Kabupaten Kutai Kartanegara. Tapi pemandangan dan suasana tak kalah dengan destinasi yang lain.

“Kita selalu promosikan, kalau datang wisatawan dan momennya pas kita arahkan bisa ke air terjun atau pulau tengah sungai,” tandasnya.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan