Kaltimpedia
Beranda DPRD Samarinda Ketua DPRD Kota Samarinda Ajak Parpol Edukasi Masyarakat untuk Kurangi Golput di Pemilu 2024

Ketua DPRD Kota Samarinda Ajak Parpol Edukasi Masyarakat untuk Kurangi Golput di Pemilu 2024

Kaltimpedia.com, Samarinda – Sugiyono selaku Ketua DPRD Kota Samarinda, menilai peran partai politik (parpol) sangat penting dalam mengedukasi masyarakat tentang penggunaan hak suara dalam Pemilu 2024.

Dalam upayanya untuk menurunkan tingkat suara golput menjadi rendah, Sugiyono menginginkan keterlibatan serius dari seluruh pihak.

“Dengan angka golput mencapai 48,16 persen pada Pilkada 2020, saya harap di pemilu tahun depan bisa menurun persentasenya,” ungkap Sugiyono pada Selasa (7/11/2023).

Ia menekankan pentingnya peran Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang partisipasi pemilih dalam demokrasi.

Sugiyono juga menegaskan perlunya pendekatan bijaksana dan kerja sama antarberbagai pihak, guna meningkatkan partisipasi aktif dalam proses demokrasi.

“Politisi juga harus cerdas, membangun pendekatan emosional kepada masyarakat. Ciptakan demokrasi yang kondusif dan tertib, kalau bisa Samarinda harus bisa menjadi contoh baik untuk kota-kota lain,” pungkasnya.

Ia berharap kerja sama ini dapat mewujudkan penurunan angka golput, menciptakan partisipasi yang lebih kuat, serta memperkuat pondasi dasar sistem demokrasi di Samarinda. (adv)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan