Kaltimpedia
Beranda Kutai Kartanegara 4 Desa Persiapan di Kukar Bakal Memiliki Penjabat Kades

4 Desa Persiapan di Kukar Bakal Memiliki Penjabat Kades

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kukar, Arianto.

Kaltimpedia.com, Tenggarong – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) bakal menujuk Penjabat Kepala Desa (Pj Kades) di 4 Desa Persiapan. Ditargetkan bulan Maret ini, 4 Desa Persiapa sudah memiliki Pj Kades untuk menjalankan roda pemerintah sementara.

4 Desa Persiapan yang dimaksud yaitu Sumber Rejo Kecamatan Tenggarong Seberang, Kembang Janggut Ilir Kecamatan Kembang Janggut, Sungai Payang Ilir Kecamatan Loa Kulu, dan Tanjung Berukang Kecamatan Anggana.

“Jika Perbup tetang Desa Persiapan sudah selesai, bisa segera ditunjuk Pj Kades,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kukar, Arianto belum lama ini.

Lebih lanjut, Arianto mengatakan, Pj Kades yang akan dipilih dari kalangan PNS di kantor pemerintah kecamatan setempat. Tiga desa sudah lebih dulu ditunjuk Penjabat Kepala Desanya. Yaitu, Badak Makmur Kecamatan Muara Badak, Jembayan Ilir kecamatan Loa Kulu dan Loa Duri Seberang Kecamatan Loa Janan.

Penjabat Kepala Desa, sebut Arianto, diberi waktu maksimal selama tiga tahun untuk mengawal pembentuk desa definitif. Jika selama itu tidak mampu memenuhi persyaratan, maka pemekaran desa akan ditunda.

Tahap selanjutnya, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara akan mengajukan ke Pemprov Kaltim untuk diteruskan ke Kemendagri RI agar mendapat kode desa. 

“Tinggal tunggu terbit kodenya, maka resmi jadi desa definitif,” jelasnya.

Terkait pembiayaan desa persiapan, terang dia, sudah dianggarkan di desa induk. Menurut Arianto, hal terpenting dari pembentukan desa baru adalah jangan sampai ada gesekan atau perbedaan suara di kalangan masyarakat. 

“Kalau masih ada konflik internal, pemekaran desa akan sulit terwujud,” pungkasnya. (adv)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan