Kaltimpedia
Beranda Kutai Kartanegara Dinsos Kukar Terbitkan Juknis Pendaftaran BPJS Kesehatan bagi Pasien Emengency

Dinsos Kukar Terbitkan Juknis Pendaftaran BPJS Kesehatan bagi Pasien Emengency

Kepala Dinas Sosial Kukar, Hamly.

Kaltimpedia.com, Tenggarong – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) memberikan kemudahan dalam mengurus kepesertaan BPJS Kesehatan bagi peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) dari pemerintah.

Setelah Dinas Sosial mengeluarkan Petunjuk Teknis (Juknis) pendaftaran BPJS Kesehatan yang bersifat mendesak atau emergency. Dengan kriteria sedang menjalani rawat inap di Puskesmas Rawat Inap atau rumah sakit. Kemudian, sedang dirujuk dari puskesmas ke rumah sakit untuk perawatan lanjutan dan masa kontrol setelah menjalani rawat inap.

Juknis ini sekaligus menjelaskan bahwa warga yang belum memiliki BPJS Kesehatan kategori PBI, dapat mengurus BPJS Kesehatan-nya melalui petugas Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) di masing-masing kelurahan dan desa.

“Pasien yang sekarang dirawat pasiennya tapi kartunya mati bisa diurus di desa dan gak perlu jauh-jauh ke Dinsos Kukar,” kata Kadinsos Kukar, Hamly, Rabu (24/4/2024).

Pendaftaran BPJS Kesehatan bagi pasien yang menjalani perawatan mendesak cukup melampirkan sejumlah dokumen kepada petugas Puskesos di desa atau kelurahan untuk kemudian diunduh ke https://bit.ly/Daftar_BPJSKes_Emergensi.

Dokumen tersebut mencakup Surat Pengantar dari desa/kelurahan, surat permohonan dari yang bersangkutan atau orangtuanya. Kemudian surat keterangan rawat inap dari puskesmas atau rumah sakit, atau surat rujukan dari puskesmas ke rumah sakit. Serta Kartu Keluarga Kutai Kartanegara dan KTP yang bersangkutan.

“Harapannya dapat memudahkan para warga (yang mendesak) dalam mengurus BPJS Kesehatan,” imbuhnya. (adv)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan