Kaltimpedia
Beranda Kutai Kartanegara Kenalkan Wisata Kukar, Dispar Libatkan Sejumlah OPD di Festival Etam Begenjoh di Malang

Kenalkan Wisata Kukar, Dispar Libatkan Sejumlah OPD di Festival Etam Begenjoh di Malang

Suasana Festival Etam Begenjoh di Kota Malang Jawa Timur.

Kaltimpedia.com, Tenggarong – Kesuksesan Festival Etam Begenjoh di Kota Malang Jawa Timur tak terlepas dari kolaborasi sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) Kutai Kartanegara (Kukar).

Dinas Pariwisata (Dispar) selaku leading sektor menggandeng Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (DiskomUKM), serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) untuk terlibat di dalamnya.

Plt Kadispar Kukar, Sugiarto mengatakan, untuk memajukan wisata daerah tak hanya terbatas pada pariwisata, tapi diperlukan juga keterlibatan berbagai unsur lainnya.

“Kedepannya kami akan coba untuk melakukan kolaborasi lagi agar satu kegiatan ini bisa dikemas bersama, tetapi tetap di bawah koordinasi Dispar dan sesuai dengan arahan Bupati Kukar,” ujar Sugiarto pada Rabu (22/5/2024).

Hal senada juga disampaikan Kepala Dispora Kukar, Aji Ali Husni. Pada Festival Etam Begenjoh, Dispora berperan mempromosikan olahraga tradisional dengan harapan menjadi daya tarik agar masyarakat tertarik berkunjung ke Kukar.

“Yang ditampilkan ada gangsing, belogo, bakiak, enggarang, dan beberapa UMKM serta OPD lain sesuai tupoksinya membawa ke acara tersebut. Kami juga memfasilitasi beberapa fasilitas, peralatan, dan hadiah di kegiatan itu,” tutunya.

Fasilitas ini merupakan bagian dari upaya agar mahasiswa Kukar di Malang dapat membantu pemerintah mempromosikan Kukar secara keseluruhan, baik dari segi pariwisata, olahraga tradisional, maupun UMKM.

“Kami mendukung sekali kegiatan mahasiswa dari Kukar. Di sela-sela mereka kuliah, mereka masih memikirkan tanggung jawab sebagai masyarakat untuk bisa membesarkan nama Kukar. Karena Kukar sebagai salah satu kabupaten yang masuk di wilayah IKN, kita tunjukkan potensi kita,” tandasnya. (adv)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan