APBD-P Kaltim Bertambah Rp 3 Triliun, Veridiana Huraq Wang Takutkan SILPA Lebih Besar

0 1,432

Samarinda, Kaltimpedia.com – Ketua Komisi III DPRD Kaltim, Verduana Huraq Wang, menyatakan adanya tambahan nilai pada APBD-P 2022 Kaltim sebesar Rp 3,1 triliun berpotensi membuat terjadinya Sisa Lebih Anggaran (SILPA).


Hal tersebut ditengarai lantaran lambannya proses lelang di Biro Pengadaan Barang dan Jasa (Barjas) Pemprov Kaltim pada saat pengurusan berkas oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Walhasil, dari seluruh kegiatan yang dilelang saat ini serapannya baru sekitar 54 persen.


“Kemarin kan kita sudah membahas APBD-Perubahan, kami juga sudah beberapa kali rapat dengan Dinas PUPR, biro barang dan jasa juga. Ibaratnya Barjas ini adalah tukang lelang, dan di situ pula lah ada pokja-pokjanya, dan itu yang kita minta kemarin,” ucap Veridiana, belum lama ini.


“Jadi dua minggu yang lalu kita rapat dan kami minta progresnya. Waktu itu baru sekitar 54% dan terealisasinya juga terlambat,” paparnya.


Akan keterlambatan proises lelang tersebut, Politisi PDI-P itu mengatakan penambahan anggaran sebesar 3 Trilliun pada APBD-P Kaltim 2022 akan membuat SILPA semakin lebih banyak lagi.


“Sementara, Oktober nanti kita akan mengesahkan APBD-Perubahan, ditambah kita ketambahan penambahan anggaran yang signifikan bahkan hingga 3 Trilliun. Ini akan jadi beban lagi nih, kalau yang ini saja baru terserap 60% dan ditambah lagi dengan yang baru. Sementara ini sudah masuk September ya, pasti akan banyak silpa ke depan,” jelasnya.


Akan hal tersebut, Veridiana mengaku akan terus mengawal dan tak henti-hentinya mengingatkan untuk memaksimalkan anggaran yang masih banyak tersebut. Diketahu, dengan penambahan anggaran Rp 3 miiliar itu membuat APBD-P Kaltim menjadi Rp 11 triliun.


“Jadi kami tidak henti-hentinya mengingatkan baik dalam pandangan umum maupun dalam rapat-rapat bahwa kami selalu mengingatkan hal ini, termasuk bantuan keuangan ke kaupaten/kota juga kami ingatkan. Kita akan terus mengawal itu semua hingga ada perkembangan yang lebih baik,” pungkasnya. (fa/adv/dprdkaltim)

Leave a comment