Balakarcana Jadi Garda Terdepan, BPBD Kukar Bakal Gelar Pembinaan dan Pelatihan

0 1,736

Kaltimpedia.com, Tenggarong — Barisan Sukarelawan Kebakaran dan Bencana (Balakarcana) memiliki andil dalam membantu penanganan musibah disetiap daerah. Kutai Kartanegara (Kukar), Balakarcana tidak hanya berada di kecamatan saja, tetapi juga di kelurahan atau desa.

Dalam penanganan bencana, tidak hanya mengandalkan keberanian semata. Tetapi ada Standar Operasional Prosedur (SOP) yang harus diikuti dan laksanakan dilapangan.

SOP atau pedoman yang dibuat untuk keamanan dan ketepatan sasaran terhadap resiko bencana dan kebakaran. Untuk itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kukar bakal menggelar pembinaan dan pelatihan kepada Balakarcana dalam waktu dekat.

“Walaupun dilihat di lapangan hanya modal keberanian tapi ada SOP yang dilakukan pada pemadaman api,” ujar Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kukar Fida Hurasani.

Dengan kondisi geografis wilayah Kukar yang sangat luas, BPBD tidak bisa bekerja sendiri. Oleh karenanya, perlu merangkul Balakarcana di seluruh wilayah Kukar. Sehingga jejaring bersama ujung tombak lapangan dapat terbangun dengan pemerintah.

Keberadaan Balakarcana harus menjadi garda terdepan dalam pendeteksi dini, termasuk mencegah keberanian api meluas.

“Saya ingin pemerintah melalui BPBD benar-benar memfasilitasi rekan Balakarcana se-Kukar. Baik itu di RT, Desa, Kelurahan, Kecamatan itu harus. Karena ini menjadi jejaring kita pada saat kejadian di wilayah tertentu, karena mereka paling dekat,” tutupnya. (Dha/Adv)

Leave a comment