Diklat Sakip Wujudkan Transparan di Instansi Pemerintah Kukar

0 2,749

Kaltimpedia.com, Tenggarong — Sekretaris Daerah Kutai Kartanegara (Sekda Kukar) Sunggono membuka secara resmi Pendidikan dan Latihan (Diklat) daring Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Sakip) Tahun 2021. Pelaksanaan diselenggarakan di Ballroom Crystal Hotel Mercure Samarinda, Rabu (23/11/2021).

Diklat yang digelar Bagian Organisasi Setkab Kukar, diikuti sebanyak 56 peserta dari beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Kukar.

Sekda Kukar Sunggono mengatakan, Sakip merupakan rangkaian sistematik dari berbagai aktivitas, alat dan prosedur. Dirancang untuk tujuan penetapan dan pengukuran pengumpulan data, pengklasifikasian, pengikhtisaran dan pelaporan kinerja pada instansi pemerintah.

“Akuntabilitas merupakan kata kunci dari sistem tersebut, dapat diartikan perwujudan dari kewajiban seseorang atau instansi pemerintah untuk mempertanggungjawabkan pengelolaan sumber,” kata Sunggono.

Ia berharap kepada para peserta dapat mengikuti diklat dengan sebaik-baiknya, semoga ilmu yang didapat dapat memberikan manfaat yang maksimal.

“Bukan hanya bagi para peserta diklat, tapi juga bagi Pemkab Kukar demi mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera,” imbuhnya.

Sementara Kepala Bagian Organisasi Ortal Kukar Suhada menambahkan, tujuan diklat Sakip menjadikan instansi pemerintah lebih akuntabel. Sehingga dapat beroperasi secara efisien, efektif dan responsif terhadap aspirasi masyarakat dan lingkungannya.

“Terwujudnya transparan di instansi pemerintah, terwujudnya partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan nasional dan juga daerah serta terpeliharanya kepercayaan masyarakat kepada pemerintah,” jelasnya.

Ditambahkan Suhada, kegiatan berlangsung selama dua hari mulai tanggal 23-24 November 2021. Adapun materi yang disampaikan diantaranya Sakip dan manajemen kinerja, perencanaan kinerja, perjanjian kinerja dan analisis pencapaian kinerja. (Dha/Adv)

Leave a comment