Gelar Dialog Publik Pendidikan Politik, Kesbangpol Kaltim Sasar Pemilih Milenal

0 1,373

Kaltimpedia.com, Samarinda – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kaltim berkolaborasi dengan Radio Republik Indonesia (RRI) Samarinda menggelar dialog publik pendidikan politik bagi pemuda.

Dialog tersebut dilaksanakan di ruang studio kantor RRI Samarida Jalan M Yamin Rabu, (18/05/2022).

Hadir sebagai narasumber Kepala Kesbangpol Kaltim Sufian Agus dan Budiman dari akademisi Unmul serta Agung Gunawan Wibisono Sekjend Garda Gabungan Anak Kalimantan (GAGAK) Bersatu.

Dalam pemaparannya, Sufian menjelaskan pendidikan politik menjadi wadah untuk membangkitkan peran serta partisipasi pemuda menyambut tahun poltik yang akan datang.

“Hal ini merupakan tugas kita bersama dalam membangun tatanan politik yang baik di kaltim,” katanya.

Tidak hanya itu, Sufian menambahkan partisipasi milineal pada pemilu 2019 lalu cukup signifikan dengan persentasi sekitar 30-40 persen dari jumlah pemilih.

Oleh karena itu, ia pun mengingatkan agar milineal tidak hanya sebagai objek pemilu namun juga ikut terlibat memberikan pencerdasan kepada masyarakat.

“Pemilu 2019 lalu persentasi milenial cukup besar. Sekitar 30 sampai 40 persen dari jumlah pemilih,” paparnya.

Selain itu, Budiman yang merupakan akademisi Unmul mengingatkan berbagai tantangan yang dihadapi ke depan khususnya di Kaltim.

Ia menuturkan selain tantangan pemilu tahun 2024, yang menjadi tantangan bersama salah satunya Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

“Kita perlu ingat bahwa selain proses pemilu 202r nanti, kita masih punya IKN yang menjadi tantangan. Semua harus berpartisipasi dalam setiap pembangunannya, apalagi kaum milenial,” terangnya.

Menurutnya, Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Kaltim harus siap bersaing dengan SDM dari luar Kaltim yang akan masuk ke IKN Nusantara.

“SDM kita harus bisa bersaing. Jangan sampai kita jadi penonton,” tandasnya. (Aji/adv/KominfoKaltim)

Leave a comment