Kesbangpol Kukar Galakkan Pendidikan Politik di Sekolah-sekolah

0 1,697

Kaltimpedia.com, Tenggarong — Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kutai Kartanegara (Kesbangpol Kukar) kembali melakukan pendidikan politik kepada anak didik ditingkat SMA/SMK sederajat. Pendidikan ini dilakukan secara bertahap di setiap sekolah yang dikunjungi, terutama saat melakukan upacara sekolah.

Kepala Badan Kesbangpol Kukar, Rinda Desianti mengatakan, program ini digalakkan karena sudah mendekati tahun politik. Sehingga perlu dilakukan pendidikan politik bagi siswa yang bakal menjadi pemilih pemula. Serta memberikan pemahaman wawasan kebangsaan, bela negara dan revitalisasi Pancasila.

“Pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Indonesia bakal mendapat bonus demografi termasuk juga di Kukar. Banyak pemilih pemula potensial yang memiliki hak suaranya. Hal ini menjadi alasan utama kujungan ke sekolah kembali dilakukan,” kata Rinda belum lama ini.

Tujuan untuk memberikan edukasi kepada generasi muda supaya mengerti politik itu seperti apa, bagaimana peran politik terhadap pembangunan daerah. Sehingga mereka mengerti pengetahuan dasar, sebelum memberikan hak suaranya pada Pemilu nanti.

Rinda pun tak menampik banyak tantangan yang harus dihadapi supaya pemilih pemula terbuka wawasannya terhadap politik. Oleh sebab itu, pendidikan politik di sekolah-sekolah merupakan langkah awal untuk mengedukasi.

“Banyak tantangan agar pemilih pemula di Kukar melek politik, terutama arus informasi dari media sosial (medsos) yang sangat banyak. Sehingga tugas dari pemerintah dari instansi terkait untuk ikut gencar mensosialisasikan hal serupa,” tutupnya. (Dha/Adv)

Leave a comment