Kinerja Memuaskan, Elektabilitas Edi-Rendi di Kukar Terbang Tinggi

0 2,974

Kaltimpedia.com,

Samarinda – Kutai Kertanegara (Kukar), salah satu pusat populasi besar di Kalimantan Timur, kembali menjadi sorotan menjelang Pilkada Serentak 2024. Sebuah survei yang dilakukan oleh Curva Survei Indonesia pada Januari 2023 mengungkap potret menarik tentang persepsi publik terhadap kinerja pemerintah daerah, peta kekuatan elektoral, dan harapan masyarakat untuk masa depan Kukar.

Survei yang melibatkan 1200 responden di 20 kecamatan Kukar ini menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi terhadap kinerja Bupati Edi Damansyah dan Wakil Bupati Rendi Solihin. Secara keseluruhan, 80.92% responden menyatakan puas, dengan rincian 81.75% puas terhadap kinerja Bupati Edi dan 74.67% puas terhadap kinerja Wakil Bupati Rendi.

Kepuasan ini tergambar dalam berbagai bidang, seperti pemeliharaan kerukunan antar umat beragama (83.3%), peningkatan kegiatan keagamaan (82.2%), pelayanan kesehatan (81.4%), pendidikan terjangkau (79.2%), dan penjagaan moral masyarakat (78.6%). Hal ini menunjukkan komitmen pemerintah daerah dalam membangun Kukar yang harmonis, religius, dan bermartabat.

Di sisi lain, survei juga menemukan beberapa tantangan yang perlu dihadapi pemerintah daerah, seperti penciptaan lapangan pekerjaan (21.6%), pengendalian harga kebutuhan pokok (20.9%), dan penurunan angka pengangguran dan kemiskinan (8.8%). Isu-isu ekonomi ini menjadi perhatian utama masyarakat, dan perlu mendapat perhatian serius dari pemerintah daerah.

Menariknya, survei ini juga menunjukkan aspirasi masyarakat untuk menjadikan Kukar sebagai pusat pertanian/perkebunan (21.6%), pusat pendidikan (21.6%), pusat pariwisata (18.3%), dan pusat perdagangan (10.3%). Visi ambisius ini mencerminkan potensi besar Kukar dan keinginan masyarakat untuk membangun masa depan yang lebih sejahtera dan berkelanjutan.

“Temuan-temuan survei di atas merupakan hasil potret di Bulan Januari 2024. Naik-turunnya penilaian dan persepsi publik terhadap kinerja pemerintah daerah sangat bergantung pada berbagai kebijakan dan dampaknya bagi masyarakat,” sebut Hendra Yasin, direktur eksekutif Curva Survei Indonesia dalam rilisnya.

Elektabilitas Pasangan Edi-Rendi
Survei ini juga menguji elektabilitas pasangan Edi Damansyah-Rendi Solihin jika kembali bertarung di Pilkada 2024. Hasilnya menunjukkan bahwa pasangan ini unggul dengan perolehan 76.5% suara, mengalahkan kotak kosong yang hanya mendapat 4.3%. Sisanya, 19.2% responden menyatakan tidak tahu/tidak jawab.

Tingginya elektabilitas ini menunjukkan kepercayaan publik terhadap kepemimpinan Edi-Rendi. Namun, survei ini juga menjadi pengingat bahwa masih ada sebagian masyarakat yang belum yakin dengan pasangan ini, dan ini menjadi celah yang perlu dijembatani dengan kampanye dan program yang tepat sasaran.

Kesimpulan
Survei Curva Survei Indonesia memberikan gambaran yang komprehensif tentang persepsi publik terhadap Kukar. Tingkat kepuasan yang tinggi terhadap kinerja pemerintah daerah menunjukkan bahwa masyarakat merasakan kemajuan dan manfaat dari berbagai program pembangunan. Namun, tantangan ekonomi masih menjadi perhatian utama, dan perlu mendapat solusi yang konkret dan berkelanjutan.

“Tingkat kepuasan publik yang tinggi terhadap pemerintah Kabupaten Kukar konsisten dengan raihan elektabilitas Bupati Edi Damansyah – Wakil Bupati Rendi Solihin yang juga tinggi. walaupun harus diakui terdapat tantangan-tantangan ekonomi yang perlu segera dituntaskan ke depannya,” lanjut Hendra Yasin.

Aspirasi masyarakat untuk menjadikan Kukar sebagai pusat di berbagai bidang menunjukkan potensi besar yang dimiliki daerah ini. Dengan kepemimpinan yang tepat dan kerja sama semua pihak, Kukar dapat mencapai kemajuan yang lebih pesat di masa depan.

Survei ini menjadi bahan penting bagi pemerintah daerah, para kandidat Pilkada, dan seluruh pemangku kepentingan untuk memahami aspirasi masyarakat dan merumuskan strategi yang tepat untuk membangun Kukar yang semakin sejahtera, maju, dan berkelanjutan.

Leave a comment