Komitmen Tingkatkan Kualitas SDM Industri Pariwisata, Pemkab Kukar dan Polnes Kolaborasi Sediakan Program Beasiswa Tematik

0 870

Kaltimpedia.com, Kutai Kartanegara – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) terus melangkah dalam memajukan sektor pariwisata daerah. Dengan menarget putra-putri asli daerah, peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dilakukan Pemkab Kukar dengan fakultas Pariwisata Politeknik Negeri (Polnes) Samarinda dalam memberikan program Beasiswa Tematik Pariwisata.

Kabid Destinasi Wisata Dispar Kukar, Ridha Fatrianta mengungkapkan program ini telah dimulai sejak bulan Mei lalu, dan ditargetkan khusus bagi putra-putri daerah. Dengan harapan, ketika menuntaskan pendidikan di Polnes dapat kembali lagi ke Kukar untuk berdedikasi mengembangkan industri pariwisata daerah

Hingga saat ini, sudah ada 17 putra-putri asal Kukar yang mendaftar program Beasiswa Tematik Pariwisata. Para pemuda Kukar tersebut telah menjalani statusnya sebagai mahasiswa/i di fakultas pariwisata Polnes.

“Pemikiran kami tidak selamanya pariwisata itu melalui pemerintah. Pariwisata itu bisa maju kalau industri itu berkembang juga, jadi tidak bisa 100% dari pemerintah daerah, bisa juga dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) ataupun BUMDes,” ungkap Ridha, Selasa (4/10/2022).

Dalam meningkatkan kualitas industri pariwisata diperlukan investasi dari pelbagai pihak. Tetapi saat ini investasi Kukar di industri pariwisata masih tergolong rendah. Dan Ridha berharap melalui program kerjasama ini dapat meningkatkan kualitas SDM yang nantinya dapat mewujudkan komitmen bersama dalam memajukan industri pariwisata Kukar.

“Untuk tahun ini sudah ada 17 yang menjadi mahasiswa. Mudahan tahun depan itu dapat bertambah dalam peningkatan jumlah yang mendaftar di Beasiswa Tematik Pariwisata,” tandas Ridha. (Ito/adv)

Leave a comment