Pembangunan IKN Nusantara Akan Membawa Dampak Terbukanya Lapangan Pekerjaan Untuk Warga Kaltim

0 1,654

Kaltimpedia.com, Samarinda – Pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara merupakan sebuah upaya proses percepatan untuk pembangunan, pemerataan, dan pemberdayaan kawasan Indonesia Timur.

Penetapan IKN diharapkan dapat sebagai katalis untuk menumbuhkan pusat-pusat ekonomi baru di Pulau Kalimantan dan Wilayah Indonesia Timur secara umum.

Pembangunan Ibu Kota Baru yang sudah final akan memberikan dampak yang besar terhadap ketersediaan lapangan pekerjaan untuk warga Kaltim khususnya Samarinda.

Dalam hal tersebut Ketua DPRD Kota Samarinda Sugiyono menyambut baik akan pembangunan IKN di Kaltim dikarenakan melalui pembangunan IKN yang berjangka panjang akan membawa dampak ketersediaan lapangan pekerjaan, sehingga pembangunan IKN akan mengurang jumlah pengangguran di Kaltim.

“Pastilah kalau dengan sudah dimulai pembangunan ya ini bagi masyarakat Samarinda pasti positiflah. Karena harus bisa memanfaatkan peluang yang ada di situ,” kata Sugiyono, Jumat (10/6/2022).

Selain itu Sugiyono juga menyebutkan bahwa warga Samarinda perlu menyiapkan skil/kemampuan yang dimiliki untuk menyambut pembangunan IKN tersebut.

“Kan ada banyak peluang baik lapangan pekerjaan. Karena tenaga pekerja juga menjadi satu yang harus disiapkan untuk bersaing,” pungkasnya.

Terakhir dirinya juga mengingatkan bahwa peluang lapangan pekerjaan tersebut terbuka lebar untuk siapapun, sehingga semua hal perlu disiapkan untuk berkontribusi dalam pembangunan IKN Nusantara.

“Jangan sampai di daerah sendiri tidak bisa mengambil kesempatan dan peluang di situ. Apalagi IKN ini sudah betul-betul final, jadi segala sesuatunya harus disiapkan,” harapnya. (Adv/fa)

Leave a comment