Reses Muhammad Samsun di Ambarawang Laut, Samboja

0 985

Samboja – Muhammad Samsun, Wakil Ketua DPRD Kaltim menyerap aspirasi warga kelurahan Ambarawang Laut Kecamatan Samboja, pada Rabu (24/2/2021).

Warga banyak menyampaikan banyak-banyak terima kasih dengan terealisasinya normalisasi sungai Teluk Batu sepanjang 1,4 KM dan 1 KM di Ambarawang Laut pada anggaran tahun 2020 lalu.

“semoga dengan terealisasinya kegiatan ini dapat bermanfaat untuk warga” Samsun.

Normalisasi sungai ini bertujuan untuk membuat aliran air menjadi lebih lancar, pasalnya di hulu sungai ini merupakan lahan pertanian yang beberapa dekade lalu adalah lahan pertanian yang produktif.

Ketua LPM, Mahmud menyampaikan dengan normalisasi ini masyarakat tidak lagi takut kebanjiran saat curah hujan tinggi terutama RT 2,3,dan 4.

“Alhamdulillah, kami sangat bersyukur, dan kami bangga dengan beliau (Samsun) karna sudah mewujudkan apa yang menjadi cita-cita warga Ambarawang Laut” Mahmud.

Selain bersilaturahmi Samsun juga menyerap aspirasi warga. Bapak Alias, Ketua RT 08 Ambarawang Laut menyampaikan apa yang menjadi kekhawatiran dan keluhan warga yang terjadi di kelurahan mereka

“Lokasi wakaf kuburan ini runtuh, karna ini pasir pak, bagusnya di turap” ungkap Alias.

terjadinya longsoran kuburan ini dikarenakan kontur tanah berpasir dan juga posisinya berada di pinggir sungai. warga khawatir nantinya akan menjadi lebih parah jika di biarkan saja tergerus oleh air.

Warga berharap dilakukannya penurapan di sepanjang pinggiran lokasi kuburan. adapun aspirasi lain yang di sampaikan oleh Ketua RT 4, Karman menyampaikan aspirasi dibidang pertanian.

“Teman-teman ada permintaan untuk mesin pembuatan pupuk organik dan mesin cultivator, yang mini saja pak” Karman.

Selain dibidang pertanian karman juga menyampaikan harapan adanya semeniasi di jalan RT 4 dan RT 8.

Ambarawang Laut merupakan kelurahan di ujung samboja yang berbatasan langsung dengan Kota Balikpapan. Masalah lain yang terjadi adalah masalah pembebasan lahan jalan akses menuju pelabuhan Ambarawang.

Pembebasan lahan sudah dilakukan oleh pemerintah daerah namun belum semuanya diterima oleh warga. Kader PDI Perjuangan, Muhammad Samsun akan berusaha mendorong mencarikan solusi terkait pembebasan lahan warga yang gunakan untuk akses menuju pelabuhan.

“Pelabuhannya sudah sangat bagus, sangat sayang jika tidak difungsikan” Pungkas Samsun.

Pelabuhan Ambarawang Laut merupakan objek stategis yang ada di Kalimantan Timur ditambah lagi nantinya pelabuhan ini akan menjadi penunjang Ibu Kota Negara 2024. (ADV)

Leave a comment