Safuad Sebut Pengelolaan Karst Sangkulirang – Mangkalihat Jangan Sekadar Wacana

0 1,182

Kaltimpedia.com, Samarinda – Kaltim dengan luas wilayah yang besar, memiliki sejumlah atraksi alam yang juga besar dan potensial. Salah satunya karst. Sayangnya, hingga kini belum banyak bentang karst di Kaltim mendapatkan perhatian yang serius. 

Meskipun sudah ada upaya untuk membuat sistem pengelolaan pada bentang Karst Sangkulirang – Mangkalihat, namun hingga kini realisasi dari sejumlah rencana di kawasan itu, dinilai belum maksimal.  Hal ini, disampaikan Anggota DPRD Kaltim Safuad. 

Safuad mengatakan tersedianya karst jika dikelola dengan baik potensi ekonomi dan penyelamatan lingkungan bisa menjadi andalan Kaltim.

Ia juga mengatakan, persoalan karst berkaitan dengan banyak hal seperti rencana tata ruang wilayah provinsi dan kabupaten/kota, lingkungan hidup dan ekosistem dan lainnya.

Menurutnya, perlu ada pematangan strategi pengembangan pengelolaan karts di Kaltim. Mulai dari sarana dan prasarana infrastruktur khususnya akses menuju karts, sebab memberi pengaruh besar terhadap investor dan wisatawan.

Pengelolaan juga hendaknya dilakukan disekitar kawasan karts dengan membentuk kebun binatang, pemeriharaan sumber mata air hingga tempat budi daya berbagai jenis tanaman khususnya yang menjadi khas Kaltim.

“Perencanaan matang dan dukungan semua pihak terutama pemangku kebijakan sangatlah diperlukan. Kalau benar-benar dikelola dengan maksimal pasti akan menjadi sumber pendapatan daerah dan mengembangkan perekonomian masyarakat,” tuturnya. (ADV/DPRD Kaltim)

Leave a comment