Sambut Pembangunan IKN Provinsi Kaltim Perkuat Sektor Pangan Melalui Produksi Daging dan Telur Lokal

0 1,471

Kaltimpedia.com, Balikpapan – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kaltim Menyelenggarakan Forum Perangkat Daerah untuk membahas rencana program tahun 2023 pada Kamis (10/3/2022) Hotel Novotel Balikpapan.

Forum Perangkat Daerah Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2022 mengusung tema “Sinergitas Perangkat Daerah Dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan Asal Ternak dan Kesejahteraan Masyarakat Untuk Kalimantan Timur Berdaulat” ditujukan untuk optimisme untuk memperkuat sektor pangan Kalimantan Timur.

Dalam acara tersebut Kegiatan dibuka secara langsung oleh Pj. Sekretaris Daerah Kaltim, Riza Indra Riadi yang mengungkapkan bahwa untuk mendukung pembangunan IKN Kaltim harus mandiri melalui ternak lokal.

“Kedepan kita harus optimis Provinsi Kalimantan Timur bisa meningkatkan produksi daging dan telur lokal sehingga kita bisa mandiri dan berdaulat pangan asal ternak di Kalimantan Timur dan terutama mendukung Provinsi Kalimantan Timur sebagai Ibu Kota Negara ( IKN ),” Ungkap Pj. Sekretaris Daerah Kaltim Riza Indra Riadi pada pembukaan pidatonya.

Selain itu Dalam sambutannya Pj. Sekda mengapresiasi capaian kinerja Dinas Peternakan di tahun 2021 yang mengalami peningkatan yang siginifikan sehingga dirinya berharap agar hal tersebut bisa di pertahankan.

“Saya mengapresiasi atas kerja-kerja dari teman-teman Dinas Peternakan Karena nilai PDRB sub sektor peternakan, dari Rp. 2,218 Triliun menjadi Rp. 2,255 Triliun. PDRB Pertanian Rp. 40,848 Triliun dan PDRB Provinsi Kaltim sebesar Rp. 695,158 Triliun pada tahun 2021,” Ungkapnya.

Terakhir dalam pengamatan media turut hadir dalam agenda tersebut TGUP3 Kaltim, Akademisi (jurusan peternakan) Universitas Mulawarman, Dinas yg membidangi fungsi peternakan di Kabupaten/ Kota se- Kaltim, Asosiasi Peternak se-Kaltim, PDHI dan ISPI Kaltim, baik secara online maupun offline. Sebagai pemateri FPD Tahun 2022, adalah dari Bappeda Provinsi Kalimantan Timur, Dinas Kehutanan Provinsi Kaltim, Dinas Perkebunan Provinsi Kaltim, dan Dinas ESDM Provinsi Kaltim. (kmf/adv/fb)

Leave a comment