Taman Kanak-kanak di Kukar Sudah Gelar Belajar Tatap Muka

0 1,754

Kaltimpedia.com, Tenggarong — Pembelajaran Tatap Muka terbatas tak hanya diberlakukan di Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Hal serupa juga dilaksanakan di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) baik itu Taman Kanak-kanak (TK) dan kelompok bermain khususnya di Kutai Kartanegara (Kukar).

Kabid PAUD dan PNFI Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kukar, Imam Pranawa Utama menjelaskan, minggu ini sudah menggelar belajar secara langsung di sejumlah sekolah TK. Sebelum diizinkan, sekolah tersebut sudah dipastikan kesiapan fasilitas penunjang protokol kesehatan.

Sehingga semua sekolah belum bisa melakukan karena pengawasannya lebih sulit lantaran anak kecil. Kemudian dalam satu ruangan kapasitas diperkenankan sebanyak enam murid dan gurunya dibatasi. Proses belajar mengajar diberi waktu paling lama satu jam, setelah itu pulangan.

“Masuknya tidak setiap hari karena harus bergantian dengan yang lain. Kita batasi karena menerapkan prokes,” ungkap Imam pada Jumat (29/10/2021).

Orang tua pun tidak boleh menunggu di sekolah. Pasalnya di depan gerbang sudah ada tenaga pendidik yang menunggu kedatangan anak-anak. 

Tugas tenaga pendidik  untuk mengarahkan sebelum masuk ke ruang kelas di biasakan mencuci tangan  terlebih dahulu, selanjutnya periksa suhu tubuh, jika aman maka diantarkan ke kelasnya.

“Guru yang mengantar dari depan tidak bisa masuk ke dalam karena diberikan ke guru kelasnya, jadi yang menangani sudah berbeda,” jelasnya.

Untuk pihak sekolah pesan Imam, agar sistem belajarnya menyesuaikan dengan situasi pandemi Covid-19. Pengawasan lebih ekstra terutama menjaga jarak sebab biasanya anak kecil agak sulit diatur. Meski hanya satu jam namun bisa menjadikan mereka untuk bersosialisasi. (Dha/Adv)

Leave a comment