Titik Banjir Di Samarinda Mulai Berkurang, DPRD Samarinda Berharap Penanganan Banjir Terus Ditingkatkan

0 2,175

Kaltimpedia.com, Samarinda – Curah hujan yang tinggi serta drainase yang tak sanggup menampung debit air menjadi salah satu penyebab banjir di Samarinda serta menjadi sebuah permasalahan yang perlu perhatian dari semua pihak.

Sejak dilantik Walikota Samarinda Andi Harun telah memasukan program penanganan bajir sebagai program prioritas sebagai langkah untuk mengurai titik-titik banjir yang terjadi diwilayah Samarinda.

Anggota Komisi III DPRD Samarinda Markaca mengapresiasi langkah yang dilakukan Pemerintah Kota Samarinda dalam hal penanganan banjir disejumlah titik di Samarinda yang sudah menunjukkan dampak positif yang begitu signifikan.

Markaca mengungkapkan bahwa program penanganan banjir yang dilakukan oleh Pemkot Samarinda sejak tahun 2021 sangat efektif dan dapat dirasakan sampai saat ini.

“Kalau tahun 2022 ini pasti signifikan hasilnya, walaupun program penanggulangan banjir belum menghilangkan banjir, tetapi paling tidak sudah bisa mengurangi titik-titik genangan,” ungkapnya, Jumat (15/4/2022).

Sebagai contoh, Anggota DPRD Kota Samarinda Markaca juga menyebutkan bahwa banjir yang sering menggenang di daerah jalan S Parman kini kian terkendali, saat curah hujan tinggi wilayah tersebut kerap tergenang, akan tetapi saat ini genangan tersebut tidak berlangsung lama.

Hal tersebut diungkapkan bahwa pembangunan drainase di daerah tersebut belum sepenuhnya rampung, sehingga perlu adanya perhatian untuk kedepannya.

“Itu salurannya belum nyambung saja (banjir) sudah berkurang, apalagi nanti kalau sudah tersambung,” lanjutnya.

Tak hanya di jalan S Parman, Markaca juga berharap agar penanganan banjir di Samarinda terus ditingkatkan terutama di titik-titik rawan banjir, sehingga apa yang menjadi harapan Samarinda bebas banjir bisa terwujud.

“Kita harapkan, mudah-mudahan tahun 2022 ini semakin luar biasa lagi terkait penanganan banjir di Samarinda, karena ini juga yang seringkali dikeluhkan masyarakat,” tutupnya.

Leave a comment