Kaltimpedia
Beranda Kutai Kartanegara Antisipasi Banjir, PU Kukar Lakukan Peningkatan Drainase

Antisipasi Banjir, PU Kukar Lakukan Peningkatan Drainase

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kukar, Wisnu Wardana.

Kaltimpedia.com, Tenggarong – Mengantisipasi terjadinya banjir Kecamatan Tenggarong saat diguyur hujan deras. Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) melakukan peningkatan saluran drainase di daerah rawan banjir. Salah satunya adalah saluran drainase yang ada di Kelurahan Loa Ipuh.

Kepala Dinas PU Kukar, Wisnu Wardana mengatakan, peningkatan saluran drainase dilakukan untuk pengendalian banjir di kawasan Kelurahan Panji. Pasalnya setiap terjadi intensitas hujan tinggi, kawasan tersebut menjadi langganan banjir.

“Kalau hujan yang cukup besar, itu sampai satu minggu air bertahan menunggu antrean keluar dari areal banjir itu,” kata Wisnu, Sabtu (13/11/2021).

Untuk mengurai serta mengantisipasi terjadinya banjir, maka dilakukan pelebaran saluran drainase yang ada di kawasan tersebut. Jika sudah diperbesar bisa mengurangi 20 persen dari banjir tertinggi.

Ditambahkan Wisnu, peningkatan saluran drainase yang dikerjakan kurang lebih sepanjang satu kilometer. Dimana, saluran tersebut terletak di Jalan Stadion, Kelurahan Loa Ipuh.

“Kalau yang dilaksanakan sekarang kurang lebih satu kilometer, kontraknya Rp 4 miliar,” tuturnya.

Wisnu berharap dengan adanya peningkatan di kawasan itu nantinya dapat terhindar dari banjir meskipun intensitas hujan tinggi. Walaupun ada genangan, tetapi tidak akan lama dalam artinya tidak sampai berhari-hari, tapi harapannya dalam hitungan jam saja. (Dha/Adv)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan