Kaltimpedia
Beranda DPRD Samarinda PPDB Online Kerap Jadi Kendala, Komisi IV Harap Disdik Miliki Alternatif Lain

PPDB Online Kerap Jadi Kendala, Komisi IV Harap Disdik Miliki Alternatif Lain

Deni Hakim Anwar Sekretaris Komisi IV DPRD Samarinda. (Ist)

Kaltimpedia.com, Samarinda – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menjadi salah satu pembahasan, dalam pertemuan Komisi IV DPRD Samarinda bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Samarinda.

Persoalan ini dibahas, untuk menjadi bahan bagi pihak legislatif dalam menyusun regulasi pengesahan APBD Murni Kota Samarinda tahun 2023.

Sekretaris Komisi IV Deni Hakim Anwar, mengakui banyak masyarakat hingga saat ini masih kesulitan dalam proses PPDB. Sebab tidak semua memahami dan bisa menggunakan teknologi pendaftaran berbasis online.

“Agar ini tidak jadi momok lagi, tentu harus ada upaya dari disdik. Karana juga harus mengerti kondisi masyarakat yang tidak semua maksimal dalam pendaftaran online,” ujar Deni.

Politikus Partai Gerindra ini berharap dari Disdikbud Kota Samarinda, setiap tahunnya mampu mengurangi permasalahan yang sering timbul saat PPDB. Salah satu yang sering terjadi yaitu persoalan jaringan internet yang tidak memadai.

“Karena masih ada warga yang tinggal di kawasan blankspot area.  Sehingga hal inilah yang harus dipahami, bahwa tidak semua orangtua siswa bisa mendaftarkan anaknya secara online,” jelasnya.

Untuk mengatasi hal ini, Deni pun mendorong agad Disdikbud memiliki terobosan dalam pola PPDB online. Salah satunya dengan menyediakan kuota pendaftar manual, khusus di kawasan pinggiran.

“Contoh Lempake, kalau ada yang kesulitan daftar online, harusnya sekolah bisa menyediakan kuota khusus manual. Jadi pendaftar cukup datang kesekolahnya, ini yang kita harapkan kepada disdik,” tutupnya. (fa/adv/dprdkaltim)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan