Kaltimpedia
Beranda Kutai Kartanegara Upaya Pemdes Lestarikan Warisan Leluhur, Erau Adat Benua Tuha Sabintulung akan Dilaksanakan Sebelum Erau Tenggarong

Upaya Pemdes Lestarikan Warisan Leluhur, Erau Adat Benua Tuha Sabintulung akan Dilaksanakan Sebelum Erau Tenggarong

Kepala Desa Sabintulung, Arta (istimewa)

TENGGARONG – Menyambut pelaksanaan Pesta Erau Sabintulung tahun 2023 ini. Pemerintah Desa (Pemdes) Sabintulung, Kecamatan Muara Kaman, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mulai melakukan persiapan acara tahunan ini dengan membentuk kepanitiaan. Sebagai agenda rutin di Sabintulung. Pemerintah dan warga terus laksanakan kegiatan ini sebagai upaya melestarikan warisan budaya yang berharga dari leluhur Kerajaan Kutai.

Pesta Erau Sabintulung sendiri merupakan tradisi perayaan yang diwariskan secara turun-temurun. Pesta ini telah menjadi identitas Desa Sabintulung. Dan menjadi Pesta Adat Erau pertama sebelum dilaksanakan di Tenggarong setiap tahun. Kades Sabintulung, Arta menyebut ritual adat pada pesta ini dinamakan Erau Adat Benua Tuha. Yang memiliki arti tempat yang paling tua diantara desa-desa lainnya.

“Pesta Erau ini biasanya sangat kental akan tradisi sajian makanan dan tari-tarian. Bahkan, biasanya acara ini berlangsung selama tujuh hari tujuh malam. Oleh sebab itu, persiapan harus dilakukan sejak jauh hari. Persiapannya sudah 25 persen, panitianya sudah dibentuk,” ungkap Arta.

Arta mengatakan pihaknya mulai melakukan persiapan untuk kesuksesan acara ini. Mulai dari persiapan lokasi hingga penunjang fasilitas. Kebutuhan-kebutuhan ini terus dipenuhi demi mensukseskan Pesa Adat Erau Benua Tuha. Dan sembari menunggu pelaksanaannya. Arta akan berkoordinasi dengan warga hingga Pemkab Kukar untuk penyesuaian pelaksanaannya. Mengingat kegiatan ini dilaksanakan sebelum Erau di Tenggarong.

“Insya Allah tahun 2023 ini dilaksanakan di bulan Juli atau September. Belum bisa kita pastikan, karena menunggu jadwal dari Erau Tenggarong,” tutupnya. (ito/adv)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan