Kaltimpedia
Beranda Samarinda Program Kredit Bertuah Pemkot Samarinda Efektif Bantu Wirausaha Baru

Program Kredit Bertuah Pemkot Samarinda Efektif Bantu Wirausaha Baru

Kadis Koperasi, UKM dan Perindustrian, Nurrahmani (NWL)

Kaltimpedia.com, Samarinda – Program yang diluncurkan Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda pada 25 Oktober tahun 2022 ini merupakan kredit pinjaman tanpa bunga sebagai upaya bersama Bankaltimtara untuk memudahkan masyarakat dalam memulai usaha.

Program kredit Bertuah ini dinilai telah efektif membantu para wirausaha baru di Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah (Diskop UKM) dan Perindustrian Kota Samarinda, Nurahmani menjelaskan bahwa hal ini dibuktikan pada jumlah debitur yang meningkat mencapai angka ratusan dengan total dana yang telah disalurkan sebesar Rp 5,4 miliar dari total Rp 15 miliar.
“Sekarang sudah ada 260 debitur, dibandingkan bulan Agustus lalu hanya 53 debitus,” sebutnya (8/11/2023).

Jika masyarakat ingin mengajukan Kredit Bertuah, wanita yang akrab disapa Yama ini menjelaskan bahwa calon debitur harus memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) dan dapat meminta rekomendasi dari Diskop UKM terlebih dulu.

“Kemudian ada persyaratan yang harus dipenuhi, dan permohonan akan diverifikasi oleh Bankaltimtara, termasuk verifikasi lapangan untuk mengecek sertifikasi kredit terkait usaha mereka,” ungkap Yama.

Dalam hal ini, Diskop UKM hanya memberikan rekomendasi berdasarkan informasi yang tersedia, terutama keberadaan NIB dan usaha yang tercatat.

Di samping itu, Yama mengaku hingga saat ini belum ada kasus kredit yang macet. Namun terdapat beberapa permohonan yang ditolak dikarenakan adanya riwayat kredit macet yang tercatat di bank lain.

Sebelumnya Wali Kota Samarinda Andi Harun beberapa waktu lalu juga berpesan agar masyarakat dapat memanfaatkan dana tersebut dengan sebaik mungkin untuk meningkatkan usaha mereka.

“Dan juga program ini terus kami sosialisasikan kepada warga untuk mendorong lebih banyak orang mengambil manfaat dari program Kredit Bertuah ini,” demikian Yama. (adv)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan