Kaltimpedia
Beranda DPRD Samarinda Komisi II Laila Fatihah Sebut Sungai Mahakam Berpotensi Untuk PAD

Komisi II Laila Fatihah Sebut Sungai Mahakam Berpotensi Untuk PAD

Kaltimpedia.com, Samarinda – Anggota Komisi II DPRD Kota Samarinda, Laila Fatihah, menyatakan bahwa Sungai Mahakam memiliki potensi pengembangan yang dapat menjadi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang lebih baik.

Oleh karena itu, ia mengungkapkan kekhawatirannya terkait dampak negatif dari aktivitas angkutan batu bara di sekitar sungai ini, termasuk insiden-insiden merugikan di masa lalu.

“Karena beberapa kali ponton pengangkut batu bara menabrak tiang jembatan kemudian pipa air,” ujarnya pada Jumat (26/10/2023).

Laila mengusulkan penarikan retribusi dari lalu lintas Sungai Mahakam untuk memastikan bahwa pemerintah dapat segera menangani kejadian dan memitigasi risiko yang mungkin terjadi.

Di samping ia juga menyoroti perlunya pendapatan dari kapal pandu yang selama ini belum memberikan PAD secara signifikan.

“Kenapa saya usulkan itu? Karena selama ini menggunakan pihak ketiga, tidak ada PAD yang masuk dari kapal pandu. Terus keuntungannya tidak ada,” tutur Laila.

Meskipun usulannya belum mendapat persetujuan dari pemerintah pusat, Laila terus menggalakkan agar Sungai Mahakam dimanfaatkan secara efisien untuk memberikan manfaat maksimal bagi daerah.

Sebab ia menyadari kendala regulasi dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI, namun tetap berharap dapat memberikan kontribusi positif untuk daerah. (adv)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan