PAD Samarinda Capai Rp 600 Milyar, Helmi Apresiasi Kinerja Pemkot

0 1,468

Kaltimpedia.com, Samarinda – Wakil Ketua DPRD Samarinda Helmi Abdullah mengapresiasi Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda yang berhasil meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) hingga Rp600 Miliar pada 2022 ini.

Ini disampaikan Helmi Abdullah usai melaksanakan pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Samarinda 2023.

Diungkap Politisi Gerindra ini, bahwa sebelumnya Angka PAD Kota Samarinda paling tinggi hanya di angka Rp 450 Milyar, namun kini meningkat menjadi Rp 600 Milyar.

“Dulu kita hanya mencapai PAD Rp450 miliar saja, itu pun minta ditambah sedikit saja dengan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), sulit sekali. Sekarang sudah bisa tembus Rp600 miliar, ini hal yang luar biasa dilakukan Pak Wali Kota, Andi Harun dan wakilnya,” ungkapnya.

PAD tersebut, kata dia, diperoleh dari beberapa sektor seperti retribusi pajak bumi dan bangunan (PBB), restoran, perhotelan hingga pertambangan batu bara yang beroperasi di wilayah Kota Samarinda.

Dengan naiknya angka PAD ini, Helmi berharap dapat berkontribusi maksimal terhadap peningkatan APBD Kota Samarinda tahun 2023 mendatang.

“Nanti setelah rapat ini, dua atau tiga hari ke depan kita akan menggelar rapat lanjutan bersama TAPD Kota Samarinda mengenai pembahasan final terkait APBD murni untuk 2023,” ujarnya. (fa/adv/dprdsamarinda)

Leave a comment