Kaltimpedia
Beranda Kutai Kartanegara Diskop UKM Kukar Terus Galakkan Pelatihan hingga Sertifikasi Halal bagi UMKM

Diskop UKM Kukar Terus Galakkan Pelatihan hingga Sertifikasi Halal bagi UMKM

Ilustrasi kegiatan sertifikasi Halal.

Kaltimpedia.com, Tenggarong – Berbagai pelatihan bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) terus digalakkan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kutai Kartanegara (DiskopUKM Kukar).

Pelatihan yang telah dilaksaakan diantaranya, meningkatkan kompetensi pelaku UMKM, seperti pelatihan kewirausahaan, pengolahan, keamanan pangan, dan sertifikasi halal.

Selain itu, DiskopUKM bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk Universitas Mulawarman (Unmul) dan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda, untuk menyelenggarakan pelatihan dan sertifikasi halal.

“Kami juga telah memberikan pelatihan akuntansi kepada 20 koperasi untuk memastikan akuntabilitas dan pertanggungjawaban yang baik,” kata Kepala DiskopUKM Kukar, Tahuddin, Sabtu (11/11/2023).

Ia menyebutkan, pelatihan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan. Termasuk pelatihan kewirausahaan untuk masyarakat yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Selain pelatihan, DiskopUKM juga memberikan bantuan sarana kepada UMKM melalui dana dari pihak dewan melalui pokir dalam APBD-P 2023. 

Ia berharap bahwa para peserta pelatihan dapat mengimplementasikan pengetahuan dan keterampilan yang mereka dapatkan dalam kehidupan sehari-hari mereka.

“Upaya ini juga diharapkan dapat membantu para pelaku UMKM di Kukar untuk mengembangkan usaha mereka dan meningkatkan perekonomian masyarakat di Kukar,” tandasnya. (adv)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan