Wakil Ketua dan Pansus LPKJ DPRD Kaltim Meninjau Pembangunan SPN Polda Kaltim di Jonggon

0 935

Kaltimpedia.com, Tenggarong – Wakil Ketua DPRD, Muhammad Samsun beserta rombongan Pansus LKPJ DPRD Kaltim meninjau langsung pembuatan SPN Polda Kaltim di Margahayu, Jonggon, Tenggarong pada Senin Siang (19/4/2021).

SPN Polda Kaltim menjadi salah satu mega proyek yang ada di Kaltim. Wakil Ketua DPRD Kaltim, Muhammad Samsun menyampaikan bahwa usulan penganggaran SPN Polda Kaltim ini mencapai 400 Miliar Rupiah.

“Usulan awalnya sih 400an (Miliar) nah ini kemungkinan sudah terealisasi 300an, mestinya 400 selesai tahun ini ada refocusing anggaran sehingga baru teralisasi 300 (Miliar), ya kurang lebih 100 s/d 150 Miliar sudah selesai ini” jelas Samsun.

Dengan menggunakan APBD kaltim yang ada saat ini telah terbangun 9 Asrama dengan daya tampung  mencapai 86 Orang. Kondisi terkini SPN Polda Kaltim ini yaitu sedang dalam proses peyambungan Air Bersih dan Listrik.

Selama ini terkendala di penganggaran ditambah lagi saat anggaran di alihkan untuk penanganan Covid-19. Samsun berharap ini dapat terselesaikan dengan kondisional yang ada. Terkait dengan pengerasan lapangan dan pembuatan jalan samsun menjelaskan nantinya akan perlahan dianggarkan.

“ini sudah ada ruang kelas,ruang asrama dan sebagiannya sudah terbentuk, nah tinggal beberapa titik lapangan, pengerasan lapangan, dan jalan ini perlahan kita anggarkan atau tuntaskan,” Samsun.

Samsun mengingatkan bahwa ini perlu kerja sama yang lebih lagi. Ia memberi contohnya adalah tanah yang berada di belakang asrama, tanah yang berpotensi terjadinya longsor sehingga dapat merusak bangunan asrama tersebut.

Muhammad Samsun dan Komisi IV saat meninjau pembangunan SPN Polda Kaltim

Ia juga berharap pihak Kapolda juga dapat membantu mengerahkan sumber daya yang ada, untuk menangani penanggulangan tanah longsor dulu.

“Jangan menunggu APBD, kalau menunggu APBD normatif lama, ini longsoran saat musim hujan akan semakin massif dan ini perlu penanganan segera. Kalau kita melibatkan berbagai pihak gotong royongkan ini akan menjadi lebih ringan,” ungkap Samsun, Kader PDI Perjuangan tersebut. Jika SPN Polda Kaltim ini telah rampung nantinya diharapkan menjadi SPN Terbaik Se-Indonesia pasalnya SPN terbaik Seindonesia luasnya hanya 125 Hektare, sedangkan SPN Polda Kaltim luasnya mencapat 128 Hektare serta diperkirakan dapat menampung 1000 s/d 1500 Siswa Bintara Polri.

Leave a comment