Dinkes Kukar Akan Terapkan Antrean Online Saat Vaksinasi

0 2,882

Kaltimpedia.com, Tenggarong — Dinas Kesehatan Kutai Kartanegara (Kukar) akan menerapkan antrean sistem online untuk mengurangi kerumunan masyarakat yang akan divaksin. Selama ini antrean kerap kali menumpak di lokasi vaksinasi yang dikhawatirkan justru akan menjadi klaster penularan.

Kepala Dinkes Kukar,  dr Martina Yulianti mengatakan inovasi untuk menghindari penumpukan massa saat menunggu giliran vaksinasi kadang mengkhawatirkan. 

Jika sudah diterapkan, meskipun nanti antreannya sangat banyak tapi tidak akan terlihat ramai karena masyarakat cukup di rumah masing-masing menunggu nomor panggilan.

“Masyarakat tak perlu menunggu lama hingga berjam-jam. Nanti waktunya sesuai di nomor antrean yang dimiliki. Ketika sudah diterapkan, calon peserta vaksinasi dianjurkan masuk dalam tautan yang disediakan,” jelasnya, Selasa (26/10/2021).

Selain itu, masyarakat dianjurkan mendaftarkan diri sesuai lokasi dan tanggal yang diinginkan. Apabila kuotanya masih tersedia akan dilanjutkan mengisi data diri berupa Nomor Induk Kependudukan (NIK). 

Jika semua proses selesai tak lama akan keluar kode batang (barcode) nomor antrean dan waktu vaksinasi. Jadi masyarakat tak perlu menunggu lama-lama di lokasi, sebelumnya datangnya pagi-pagi supaya dapat urutan pertama.

“Ini bagian dari pelayanan publik yang lebih berkualitas dan memudahkan masyarakat. Mereka bisa mengantre dengan nyaman dan tidak perlu menunggu terlalu lama bahkan nomor antrean pun tidak harus datang ke lokasi,” tuturnya.

Yuli menambahkan, sistem ini diperuntukan untuk warga yang memiliki KTP Kukar, supaya menghindari orang luar daerah yang mengisi data tapi tidak hadir. 

Apabila suatu saat ada NIK tidak ditemukan pada proses pendaftaran di website. Pihaknya menyarankan agar berkoordinasi dengan Disdukcapil agar diperbaiki administrasinya sampai ditemukan di sistem tersebut. (Dha/Adv)

Leave a comment