Bupati Minta Wisudawan Sukseskan Program 1 Desa 1 Tahfidz

0 1,211

Kaltimpedia.com, Tenggarong– Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) memiliki program satu desa satu hafidz atau penghafal Al Quran. Mendukung program tersebut, Bupati Kukar Edi Damansyah mewisuda 50 santri tahfidz Al Qur’an bertempat di Masjid Al Anshor, Kecamatan Tenggarong pada Senin (25/10/2021).

Edi Damansyah mengatakan wisuda kali ini merupakan angkatan kedua. Dirinya merasa bersyukur apa yang diprogramkan pemerintah berjalan dengan baik.

“Tadi disampaikan ada santri yang hafal Al Qur’an sampai juz 30.  Dari 50 santri ada delapan orang diterima perguruan tinggi ilmu Al Qur’an di Jakarta. Sumber pembiayaan kita bantu dari beasiswa Kukar Idaman,” ujarnya.

Lantaran belakang dicetuskan program ini supaya anak-anak nantinya dapat aktif dan memakmurkan masjid di desa masing-masing. Hal ini wujud nyata pemerintah membangun nilai-nilai spiritual keagamaan khususnya generasi muda. 

Bupati berpesan, bagi para wisudawan yang kembali di desa masing-masing. wisudawan juga diharapkan dapat membuka rumah Qur’an baik di rumah sendiri atau di masjid atau langgar untuk mengajar ngaji. Sebab wisudawan punya kewajiban mengajar di kampungnya, ilmu-ilmu didapatkan disini harus ditularkan disana. 

“Diawali di lingkungan keluarga dan lingkungan setempat, tapi memang sangat besar mengaji dari lingkungan keluarga. Saya berharap ada kontribusi wisudawan,” pesan Edi.

Disisi lain, masih ada kecamatan yang belum mengirimkan perwakilan untuk ikut program ini. Kendalanya biasanya belum tersampaikan ke masyarakat. Pihaknya meminta para camat untuk menyampaikan setiap Kades mengenai program Satu  Desa Satu Hafidz. (Dha/Adv)

Leave a comment