Kaltimpedia
Beranda Kutai Kartanegara Disperindag Kukar Targetkan PAD Retribusi Pasar Tembus Rp 800 Juta

Disperindag Kukar Targetkan PAD Retribusi Pasar Tembus Rp 800 Juta

Sekretaris Disperidag Kukar, Sayid Fathullah.

Kaltimpedia.com, Tenggarong – Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kutai Kartanegara (Disperindag Kukar) targerkan memberikan pemasukan bagi daerah sebesar kurang lebih Rp 800 juta. Target tersebut khusus untuk retribusi 22 pasar di 20 kecamatan se-Kukar dalam kurun waktu satu tahun ini.

Retribusi pasar tersebut berasal dari pengelolaan sampah dan kebersihan, pengelolaan parkir hingga sewa petak an toko yang dikelolah oleh pemerintah. Disperindag pun berencana akan terus meningkatkan pendapatan di tahun mendatang. Dengan meningatkan Unit Pengelola Pasar (UPP) menjadi Unit Pelaksana Pengelola Daerah (UPTD) Pasar,

“Nanti akan kita tingkatkan lagi setelah ada UPTD dan bisa meningkat lebih lagi.” kata Sekretaris Disperindag Kukarm Sayid Fathullah, Minggu (19/11/2023).

Sayid menjelaskan, Disperindag Kukar ingin meningkatkan PAD pasar sebagai penerimaannya. Dengan adanya pengelolaan yang baik, terstruktur dan profesional, tentu akan berimbas pada pendapatan yang lebih besar lagi.

Selain untuk pemerintah, retribusi juga akan memberikan manfaat bagi pengguna pasar. Seperti peningkatkan pelayanan dalam hal penyediaan, penggunaan dan perawatan fasilitas pasar yang berupa halaman atau pelataran, dan kios dari pemerintah.

“Sampai bulan November ini capaian PAD sudah mencapai kurang lebih Rp 600 juta dan masih ada waktu satu bulan setengah lagi itu bisa melebihi target. Retribusi tertinggi ada di Mangkurawang, Loa Kulu, Sangasanga, dan Samboja,” tandasnya. (adv)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan