Kaltimpedia
Beranda DPRD Samarinda Samri Soroti Potensi Wisata di Kota Samarinda dapat Tingkatkan PAD

Samri Soroti Potensi Wisata di Kota Samarinda dapat Tingkatkan PAD

Kaltimpedia.com, Samarinda – Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota Samarinda, Samri Shaputra, menyatakan bahwa destinasi wisata di Samarinda memiliki potensi besar untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Namun, dia menilai bahwa sinergi antara Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda dan pihak swasta masih terbatas, sehingga hal ini menjadi kendala dalam memaksimalkan potensi wisata yang ada.

“Jika jumlah wisatawan meningkat, secara otomatis pendapatan juga akan meningkat, baik bagi pihak swasta maupun pemerintah,” ujar Samri.

Samri mengusulkan penerapan model kerja sama di mana pemerintah bertindak sebagai pemangku wilayah, sedangkan pihak swasta bertindak sebagai pengelola dengan Sumber Daya Manusia (SDM) dan pengalaman manajemen pariwisata.

Dalam model kerja sama ini, ia menegaskan bahwa akan ada keuntungan bagi pengelola destinasi wisata dan pemerintah, seperti promosi untuk diperkenalkan ke daerah lain.

“Nantinya, keuntungan yang diperoleh berasal dari pajak yang dibayarkan,” jelasnya.

Politikus dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini mengakui bahwa Pemkot Samarinda belum mendapatkan keuntungan signifikan dari wisata karena seringkali dikembangkan oleh pihak swasta. Terlebih lagi, izin yang diberikan belum memberikan dampak yang signifikan, sehingga Pemkot kesulitan dalam pemungutan pajak karena dasar hukumnya masih kurang jelas.

“Tantangannya adalah bagaimana pemerintah dapat memanfaatkan peluang dari potensi pariwisata dan melakukan kerja sama dengan pihak terkait untuk meningkatkan PAD di Samarinda,” tutupnya.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan