Kaltimpedia
Beranda Kutai Kartanegara Sumur Bor Tenaga Matahari Mampu Atasi Kekurangan Air Pertanian Desa Sumber Sari

Sumur Bor Tenaga Matahari Mampu Atasi Kekurangan Air Pertanian Desa Sumber Sari

Peresmian sumur bor sistem solar cell di Desa Sumber Sari, Kecamatan Loa Kulu.

Kaltimpedia.com, Tenggarong – Kehadiran sumur bor dengan sistem solar cell atau tenaga mataari menjadi cahaya penerang permasalahan yang dihadapi para petani di Desa Sumber Sari, Kecamatan Loa Kulu.

Sumur bor mampu mengatasi persoalan kekurangan aliran air persawahan para petani disaat musim kemarau. Yang selama ini masih mengandalkan tadah hujan.

Terlebih, sekitar 80 persen warga Desa Sumber Sari menggantungkan kehidupan sehari-harinya dari hasil sektor pertanian. Luas lahan pertanian khusus tanaman pangan kurang lebih 319 hektare, dan 50 ha ditanami berbagai jenis sayuran. Kedua komoditi itu menjadi penopang ekonomi masyarakat Desa Sumber Sari.

“Di musim tahun ini sebagian ada yang sudah tanam dan sebagian belum karena ketidakadaan air. Dengan bantuan sumur bor ini, kami sangat senang dan terbantu karena salah satu solusi ketersediaan air di musim kemarau,” kata Kepala Desa Sumber Sari, Sutarno, Sabtu (30/3/2024).

Dikatakannya, sumur bos sistem solar cell merupakan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) yang bekerjasama dengan Kodim 0906/Kutai Kartanegara. Sebagai upaya dan komitmen untuk tetap menjaga keberlangsungan tanaman pangan di segala musim.

Saat ini, mesin tersebut sudah dimanfaatkan para petani. Pada cuaca panas luar biasa airnya, karena menggunakan tenaga matahari untuk mengalirkan air. Dengan adanya sumur bor ini sangat dirasakan dampaknya bagi petani yang mengalami kesulitan air ketika musim tanam.

“Kami sangat optimis Desa Sumber Sari menjadi salah satu daerah penyumbang pangan bagi Kaltim khususnya Kukar sendiri,” tandasnya. (adv)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan