Kaltimpedia
Beranda Kutai Kartanegara Pantai Merah Samboja Sumbang Ratusan Juta PAD Kukar

Pantai Merah Samboja Sumbang Ratusan Juta PAD Kukar

Kaltimpedia.com, Tenggarong – Destinasi wisata yang dikelola Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab) menyumbang ratusan juta bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD). Salah satu obyek wisata yang berkontribusi besar terhadap pemasukan keuangan daerah yaitu Pantai Tanah Merah, Kecamatan Samboja.

Pantai Merah menyumbang tertinggi dari destinasi wisata Pulau Kumala, Waduk Panji Tenggarong dan Planetarium Jagad Raya Tenggarong. Dikarenakan jumlah pengunjungnya relatif banyak ketimbang lainnya.

“Selama ini untuk penyumbang PAD Kukar terbesar masih dipegang oleh Pantai Tanah Merah yang ada di Samboja,” ujar Kepada Bidang Pengembangan Pariwisata, Dinas Pariwisata Kukar, Ridha Fatrianta, Jumat (19/4/2024).

Pada liburan lebaran, sejak 11-15 April 2024. Tercatat jumlah kunjungan di sejumlah destinasi wisata sebanyak 21.392 orang, dan menghasilkan PAD sebesar Rp 218.810.000

Obyek wisata yang dikelola swasta pun turut memberikan pemasukan daerah melalui kontribusi pajak melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kukar.

“Kami tentunya berterima kasih kepada pengelola wisata swasta yang turut andil dalam meningkatkan PAD Kukar,” ujarnya.

Ditambahkan Ridha, Dispar Kukar bakal melakukan pembenahan dan renovasi fasilitas destinasi wisata plat merah. Untuk menambah daya tarik masyarakat agar berkunjung.

Kemudian, memfasilitas pengelola wisata swasta membuat aplikasi pembayaran parkir online supaya pendapatannya masuk ke kas daerah. (adv)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan