Kaltimpedia
Beranda Kutai Kartanegara Pemkab Kukar Klaim Angka Kemiskinan Ekstrem Sudah 0 Persen

Pemkab Kukar Klaim Angka Kemiskinan Ekstrem Sudah 0 Persen

Sekretaris Daerah Kutai Kartanegara, Sunggono.

Kaltimpedia.com, Tenggarong – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) terus berupaya menurunkan angka kemiskinan ekstrem dalam beberapa tahun belakangan ini. Komitmen tersebut kini membuahkan hasil maksimal.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Kukar, Sunggono. Ia mengatakan, bahwa angka kemiskinan ekstrem di Kukar sudah tidak ada lagi.

Berdasarkan data Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) yang dilakukan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (KemenPPN/Bappenas) dan Badan Pusat Statistik (BPS). Pada 2023, angka kemiskinan ekstrem di Kutai Kartanegara sudah 0 persen.

“Dari Regsosek Bappenas dan BPS, kemiskinan (ekstrem) dari 11 ribu sekian jadi 0 persen,” ucap Sunggono, Selasa (21/5/2024).

Bahkan, penurunan ini lebih cepat ketimbang target yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat. Dimana, Presiden RI, Joko Widodo menargetkan untuk menghapuskan angka kemiskinan ekstrem menjadi 0 persen pada tahun 2024.

“Target pemerintah pusat di tahun 2024 itu 0 persen, dan itu sudah kita bisa (capai) di tahun 2023,” tambahnya.

Sejumlah upaya dilakukan Pemkab Kukar dalam meningkatan pendapatan masyarakat yang masuk kategori kemiskinan ekstrem. Diantaranya yaitu melibatkan mereka dalam beberapa kegiatan produktif yang diselenggarakan oleh organisasi perangkat daerah (OPD).

“Mereka itu miskin disebabkan karena konsumsi hariannya yang rendah, jadi yang kita lakukan bagaimana meningkatkan pendapatan,” tutupnya. (adv)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan