Beras Cap Tugu Hasil Produksi Desa Loh Sumber Kukar

0 1,295

Kaltimpedia.com, Tenggarong – Desa Loh Sumber berhasil memanfaatkan peluang potensi pertanian di wilayahnya. Pasalnya, melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Sumber Purnama yang bergerak di bidang pertanian, telah memproduksi beras sendiri.

Beras yang diberi nama Beras Cap Tugu ini, merupakan hasil panen para petani di Desa Loh Sumber dan sekitarnya. Seluruh hasil panen padi sawah ditampung dan dikelola menjadi beras yang dapat bersaing di pasaran.

Kepala Desa Loh Sumber, Sukirno mengatakan, produksi beras Cap Tugu bentuk upaya pemerintah desa memperkuat sektor pertanian dan mewujudkan hilirisasi pertanian di Kukar. Dengan harapan menjadi produk unggulan dan dapat bersaing dipasaran.

“Kami ingin beras tugu ini bisa tampil, yakni dijual ke ritel modern. Saat ini izinnya dari provinsi sudah keluar, bersamaan dengan kemasan baru. Ini prinsip kami mewujudkan ketahanan pangan dan menjadi lumbung pangan IKN,” ucap, Sukirno, Jumat(10/11/2023).

Selain produksi beras, pemerintah desa juga memberikan pembinaan dan pemberdayaan bagi petani melalui program Sinar Purnama perihal permodalan hingga asuransi. Mulai dari pengolahan hingga pasca panen.

Sukirno menyebutkan, BUMDes Sumber Purnama sendiri memiliki fasilitas Rice Milling Unit (RMU) hingga mesin pengering. Yang dapat memproduksi hingga 25 ton beras per bulannya.

Namun, kendala yang dihadapi di Desa Loh Sumber yaitu tidak banyaknya lahan pertanian. Untuk itu diperlukan kerja sama dengan desa lain untuk mendapatkan gabah.

“Ini kita coba kerjasama dengan Desa Benua Puhun, disana ada 100 hektare lahan pertanian. Kami harap Pemkab Kukar juga ikut membantu sepenuhnya dengan pemdampingan hingga pemasaran,” tandasnya. (adv)

Leave a comment