Database Penyandang Disabilitas Kaltim Perlu di Perbaharui, Dinsos Kaltim Gelar Pemutakhiran

0 1,706

Kaltimpedia.com, Samarinda – Database penyandang disabilitas Kalimantan Timur tahun 2022 perlu diupdate berdasarkan karateristik disabilitas yang sandang, tentu hal ini nantinya bertujuan untuk memudahkan pemenuhan hak melalui program-program yang akan diluncurkan.

Database setiap priodenya perlu terus di update untuk mengetahui jumlah penyandang disabilitas di Kalimantan Timur, data yang update akan memudahkan mengklasifikasikan penyandang, yang nantinya bisa dijadikan sebagai landasan program.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur serius dalam menangani penyandang disabilitas, hal tersebut dimaksudkan bahwa penyandang disabilitas juga memiliki hak yang sama seperti masyarakat lainnya.

Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Timur melalui Bidang Pelayanan Rehabilitasi Sosial Seksi Rehabilitasi Disabilitas menggelar Kegiatan Pemutakhiran Database Penyandang Disabilitas Tahun 2022 pada, Rabu (20/4/2022)

Dalam sambutannya Kepala Dinas Sosial Agus Hari Kesuma mengungkapkan bahwa database penting untuk diupdate dan diintegrasikan, yang nantinya bisa dijadikan sebagai perumusan program untuk pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas.

“Pendataan pada penyandang disabilitas ini harus akurat berdasarkan karakteristik dan ragam disabilitas yang disandang, saya berharap kepada pendamping untuk lebih teliti dalam menentukan penyandang disabilitas ini, yang nantinya disinergikan dengan pelayanan, tindakan preventif serta rehabilitasi dalam pemenuhan hak-hak bagi penyandang disabilitas,” ungkaP Agus dikutip dari Dinas Sosial Kaltim.

Selain Kadis Sosial juga mengungkapkan bahwa updating penyandang disabilitas bisa menjadi inovasi yang baik, berdasarkan klasifikasi apa yang disandang disabilitas tentu kedepan program akan lebih tepat sasaran.

“Selain itu data yang jelas juga dibutuhkan untuk membantu perumusan program dan implementasi kebijakan, penghormatan, serta perlindungan penyandang disabilitas,” tutup Agus mengakhiri sambutannya. (kmf/adf/fb)

Leave a comment