Destinasi Wisata Alam hingga Kampung Budaya Menarik Kota Samarinda

0 1,439

Kaltimpedia.com – Jika mendengar kata Samarinda, tentu hal pertama yang muncul di pikiran adalah Sungai Mahakam. Tidak salah, Sungai Mahakam merupakan salah satu ikon yang menjadi ciri khas Ibu Kota Provinsi Kalimantan Timur ini. Bukan tanpa alasan, Sungai Mahakam merupakan sungai terbesar yang mencapai panjang sekitar 920 km. Tidak heran, jika ini menjadi salah satu destinasi wisata populer yang dikunjungi masyarakat hingga kini.

Selain Sungai Mahakam, terdapat beberapa destinasi wisata Samarinda lain yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Mulai dari Pulau Beras Basah dengan panorama alam dan sajian air pantai jernih, hingga beberapa kampung budaya yang menawarkan berbagai macam keunikan. Masing-masing destinasi wisata Samarinda ini tentu dapat memberikan berbagai pengalaman menarik yang sayang dilewatkan.

Jika Anda sedang merencanakan liburan bersama keluarga atau teman, kota Samarinda bisa menjadi salah satu pilihan. Di sini, Anda bisa mengunjungi beberapa wisata Samarinda alam menarik dan mempesona, maupun mencoba pengalaman unik di berbagai desa budaya di Samarinda. Mulai dari belajar menenun kain hingga berbagai budaya Suku Dayak dan berbagai ciri khasnya.

Selain bisa membuat pikiran dan tubuh santai sejenak dan rehat dari aktivitas harian, mengunjungi beberapa wisata Samarinda populer juga dapat memperluas wawasan Anda tentang budaya yang ada di Indonesia. Dilansir dari Liputan6.com, berikut kami merangkum beberapa destinasi wisata Samarinda populer yang bisa menjadi rekomendasi Anda.

  1. Tepian Sungai Mahakam

Wisata Samarinda rekomendasi yang pertama tentu saja adalah tepian Sungai Mahakam. Ini merupakan salah satu destinasi populer dan favorit bagi wisatawan. Di sini, Anda bisa menikmati pemandangan luasnya Sungai Mahakam yang berada di wilayah Kapubaten Kutai Barat. Terlebih lagi ketika Anda mengunjunginya di malam hari, keindahan Sungai Mahakam terlihat beda namun tetap menarik untuk dinikmati.

Tentu saja, Anda bisa mengunjunginya bersama keluarga maupun teman-teman. Tidak perlu khawatir, di sepanjang tepi Sungai Mahakam difasilitasi dengan tempat duduk bagi pengunjung yang ingin menikmati panorama pemandangannya. Selain itu, Anda juga bisa mencicipi jajanan kuliner lezat dengan harga yang terjangkau.

2. River Cruise Sungai Mahakam
Masih di lokasi Sungai Mahakam, Anda juga bisa menikmati pemandangan lebih dekat dengan menggunakan River Cruise Sungai Mahakam. Dengan kapal ini, Anda bisa menyusuri luasnya Sungai Mahakam yang mempunyai panjang sekitar 920 km.

Selain pemandangan yang indah, Anda juga bisa melihat tiga kebudayaan berbeda yang berada di sepanjang aliran Sungai Mahakam. Mulai dari kebudayaan pesisir yang berada di kota Samarinda, kebudayaan kerajaan yang berada di Kutai Kartanegara, dan kebudayaan pedalaman di Kutai Barat hingga ke Mahakam Ulu.

Tentu saja, ini menjadi pengalaman menarik dan edukatif yang menambah wawasan bagi Anda dan keluarga.

3. Pulau Beras Basah

Pulau Beras Basah juga merupakan salah satu destinasi wisata Samarinda yang memiliki pemandangan tak kalah menarik. Di sini, Anda bisa menikmati panorama alam indah dan jernihnya air laut di tepian pantai. Selain itu, Anda juga bisa menghabiskan waktu untuk berenang maupun bermain pasir putih bersama anak-anak maupun teman-teman. Beberapa fasilitas juga disediakan untuk menjelajahi keindahan bawah laut di Pulau ini.

Pulau ini terletak di Selat Makassar, Bontang, Kalimantan Timur. Jika tertarik untuk mengunjunginya, Anda perlu bersabar karena membutuhkan waktu cukup lama yaitu sekitar 3 jam berkendara untuk sampai ke sana.

Namun perjalanan panjang tersebut akan terbayar dengan suguhan pemandangan indah Pulau Beras Basah. Ini menjadi salah satu pilihan destinasi yang menyenangkan untuk mengisi waktu liburan.

4. Kampung Tenun Samarinda

Wisata Samarinda populer rekomendasi berikutnya yaitu Kampung Tenun Samarinda. Ini merupakan salah satu kampung budaya penghasil kain tenun ciri khas Kota Samarinda. Terletak di Kecamatan Samarinda Seberang, tepatnya di Kampung Baqa dan Kampung Masjid, Anda bisa mengunjungi kampung ini dan melihat bagaimana proses pembuatan kain tenun yang menjadi warisan budaya Indonesia.

Selain itu, Anda juga bisa merasakan pengalaman membuat kain tenun sendiri dengan menggunakan alat didampingi oleh para pengrajin profesional. Selain mendapatkan pengalaman menenun kain secara langsung, tentu saja Anda bisa memilih berbagai jenis kain tenun menarik yang bisa dibawa pulang sebagai cindera mata untuk keluarga maupun teman di kampung halaman.

5. Desa Budaya Pampang

Desa Budaya pampang juga termasuk salah satu wisata budaya Samarinda yang tidak boleh dilewatkan. Di sini, Anda bisa mempelajari sejarah dari budaya Dayak yang unik. Mulai dari ukiran-ukiran khas yang terdapat pada rumah adat suku Daya atau mencoba memakai pakaian adat Suku Dayak untuk berfoto.

Selain itu, Anda juga bisa melihat pertunjukan seni tarian yang sering digelar oleh masyarakat setempat. Pertunjukan seni ini biasanya dilaksanakan pada hari Minggu pukul 13.00 – 15 00 WITA yang bertempat di lamina atau gedung pertemuan desa. Di sini, Anda juga akan melihat seluruh warga setempat mengenakan pakaian adat yang khas dan unik.

6. Samarinda Islamic Center

Wisata Samarinda populer rekomendasi terakhir namun tidak kalah menarik yaitu Samarinda Islamic Center. Ini merupakan tempat wisata religi yang sering dikunjungi oleh para wisatawan. Di sini, Anda bisa melihat Masjid Islamic Center yang megah dan indah dengan gaya arsitektur khas Hagia Sophia, Turki.

Hal menarik lainnya yang bisa Anda dapatkan di tempat ini adalah menara utama tunggal yang mencapai tinggi 99 meter. Ketinggian angka ini diambil dari jumlah asmaul husna atau keistimewaan nama Allah yang selalu diingat oleh masyarakat muslim. Selain melihat bangunan masjid yang megah, tentu saja Anda bisa menunaikan ibadah selama jeda perjalanan. (fa)

Sumber : Merdeka

Leave a comment