Dinas Ketahanan Pangan Kukar Launching Program BEST

0 1,794

Kaltimpedia.com, Tenggarong – Dinas Ketahanan Pangan Kutai Kartanegara meluncurkan aksi perubahan dengan program Bermitra Etam Sejahtera dan Tangguh (BEST) pada Kamis (4/11/2021). 

Kepala Bidang Keamanan Pangan, Disketapang Kukar Muhammad Syafi’i  mengatakan, program BEST dalam bahasa Inggris adalah terbaik. Jadi filosofinya melakukan sesuatu yang terbaik sehingga inovasi ini dalam rangka memfasilitasi para pelaku usaha pangan segar asal tumbuhan.

“Launching Best dalam rangka melaksanakan tugas akhir pada pelatihan kepemimpinan administrator yang mewajibkan menyusun aksi perubahan atau inovasi. Bukan hanya komoditas padi sawah tapi juga pisang, singkong, berbagai jenis sayuran.,” ungkap Syafii.

Diketahui, launching ini sekaligus MoU antara Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sumber Purnama Desa Loh Sumber dengan pelaku usaha padi sawah Beringin Jaya, Kelurahan Bukit Biru Kecamatan Tenggarong.  Diharapkan,  lanjut Syafii, hasil petani padi sawah bisa ditampung BUMDes dan saling menguntungkan kedua belah pihak.

Kerjasama bertujuan agar petani tak kesulitan untuk memasarkan hasil panennya. Selain itu, harganya pun mendapatkan keuntungan dan Bumdes pun diuntungkan juga.

“Pada akhirnya pendapatan para petani meningkat, karena itu yang kami inginkan dengan inovasi Best ini,” harapnya.

Ditambahkan Syafii, diharapkan ada dua manfaat yang didapatkan yaitu eksternal dan internal. Internal dari kelembagaan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diharapkan meningkatkan kerja sehingga bisa mencapai target yang ditetapkan. 

Untuk eksternal dapat meningkatkan penambahan dan kesejahteraan petani melalui kerjasama melalui pelaku usaha pangan wilayah Kukar.

“Kedepan kami akan terus memfasilitasi pelaku-pelaku usaha pangan lainnya untuk terus bermitra, Artinya tidak berhenti disini dan terus mendorong termasuk untuk bermitra dengan BUMDes,” jelasnya mengakhiri. (Dha/Adv)

Leave a comment