Jelang Nataru, Pemkab Kukar Akan Pantau dan Sidak di Pasar

0 2,137

Kaltimpedia.com, Samarinda – Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kalimantan Timur menggelar Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Stabilisasi Harga dan Ketersediaan Barang. Rakorda ini berkaitan dengan kebutuhan pokok jelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Natal 2021 dan Tahun baru 2022 (Nataru).

Rakor dibuka Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi, di Meeting Room Hotel Bumi Senyiur Samarinda. Dihadiri Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Kukar Ahmad Taufik Hidayat di dampingi Kabag Perekonomian Kukar Haryo Martani, Selasa (23/11/2021).

Wagub Kaltim Hadi Mulyadi mengatakan, ketersediaan bahan pokok di Kaltim masih aman dan terkendali. Untuk kebutuhan pokok di Kaltim tercukupi hingga 60 hari ke depan.

Persiapan menjelang Nataru kali ini masih sama dengan tahun sebelumnya pada 2020 lalu. Karena adanya pandemi Covid-19, anjuran dengan menerapkan protokol kesehatan demi menghindari penularan Covid-19 yang lebih luas. Sedikit banyaknya turut andil menurunkan aktivitas jual beli di tengah masyarakat.

“Kepada dinas terkait di wilayah kabupaten/kota untuk menjalankan langkah-langkah agar ketersediaan bahan pokok cukup dengan harga yang terjangkau,” imbau Wagub Kaltim.

Sementara Asisten I Setkab Kukar Taufik mengatakan, rapat koordinasi ini sangat penting khususnya dalam melakukan pengendalian harga dan ketersediaan. Salah satunya kegiatan operasi pasar dan pasar murah menjadi agenda rutin Disperindag Kukar untuk menyambut hari besar keagamaan.

Dijelaskannya, kegiatan Pasar Murah dilakukan kerjasama pihak distributor, Pemkab  Kukar hanya mensubsidi biaya ongkos angkut pihak ketiga atau distributor.

“Untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan harga sekaligus ketersediaan bahan pokok saat jelang natal 2021 dan tahun baru 2022. Akan dilakukan pemantauan dan sidak yang dilakukan di pasar-pasar didampingi Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kukar,Kepolisian, Satpol PP dan Satgas Pangan,” katanya. (Dha/Adv)

Leave a comment