Kota Minyak jadi Tempat Pelaksanaan Pra Kongres KBB Sedunia

0 766

BALIKPAPAN- Ketua Umum Keluarga Bubuhan Banjar (KBB) Kaltim Irianto Lambrie memastikan kegiatan Pra Kongres KBB Sedunia akan digelar di Balikpapan. Menurutnya, ini menjadi sebuah kebanggaan serta wadah untuk mengenalkan berbagai budaya banjar.

Pernyataan tersebut disampaikan Irianto daat menggelar silaturahmi pengurus KBB Kaltim dengan pengurus KBB Balikpapan pada Minggu, (17/4/2022).

Diperkirakan kegiatan tersebut akan digelar Bulan Mei atau memasuki Bulan Syawal, sehingga sekaligus menjadi tempat silaturahmi bagi warga banjar Se-Dunia.

Untuk panitia Pra-Kongres ke V nanti kata dia, akan dipimpin langsung oleh Ketua KBB Balikpapan Redi Asmara. Penyerahan SK yang memberi mandat kepada Redi Asmara juga telah dibuat oleh KBB pusat lalu diserahkan melalui KBB Kaltim.

“Dalam acara silaturahmi kali ini, sekaligus kita memberikan SK tersebut dan diterima oleh Ketua KBB Balikpapan Redi Asmara,” kata Irianto.

Lantaran bertepatan dengan nuansa Hari Raya Idup Fitri di Bulan Syawal, Irianto pun berharap kegiatan ini benar-benar bisa dimanfaatkan untuk halal bihalal.

Sejumlah pengurus KBB di berbagai daerah di Indonesia pun turut diundang. Termasuk sejumlah negara yang juga menjadi bagian dari KBB Sedunia.

“Nanti dari Sumatera, Jawa, Sulawesi hingga Malaysia juga akan turut diundang,” imbuhnya.

Irianto pun mengatakan bahwa warga banjar dikenal sebagai figur-figur yang toleran, demokratis dan bahkan egaliter. Nilai-Nilai kesetaraan sudah menjadi kultur bag warga banjar. Termasuk keberadaannya di Balikpapan, meski pernah menjabat sebagai gubernur namun tetap bisa berbaur dengan siapa pun dengan menjunjung tinggi kesetaraan.

“Makanya nanti Kongres Kebudayaan Banjar ini juga bisa mempertajam, merevitalisasi, mendinamisasi lalu mempraktikkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan masyarakat,” katanya lagi.

Terkait kunjungannya KBB Kaltim ke sejumlah daerah, kegiatan tersebut menurutnya merupakan hasil musda untuk menggelar silaturahmi. Sehingga bisa jadi tempat berbagi informasi, berkonsolidasi secara terus menerus agar paguyuban KBB bisa terus berkembang.

“Tidak hanya karena rukun dan rakat, tapi juga berdasarkan kaidah organisasi modern. Komunikasi yang intens, dialog serta menyamakan visi-misi,” imbuhnya.

Dalamm kesempatan itu, Ketua KBB Balikpapan Redi Asmara menyampaikan apresiasi atas kesolidan yang dibangun dalam kepemimpinan Ketum Irianto Lambrie. Pihaknya pun menyampaikan bahwa siap mendukung dan menyukseskan Pra Kongres KBB Sedunia yang ke V di Balikpapan.

Dalam kegiatan silaturahmi tersebut, juga dihadiri mantan Walikota Balikpapan Rizal Effendi, acara di awali buka puasa bersama dilanjutkan dengan solat Isya dan Tarawih. Selain itu juga turut hadir Sekretaris Umum Wawan dan jajaran pengurus lainnya.

Sumber : Humas KBB KT

Leave a comment