Kunjungi Desa Swan Slotung, Wagub Serahkn SK Hutan Adat Kepada Masyarakat

0 2,772

Kaltimpedia.com, Paser – Wakil Gubernur Kalimantan Timur Hadi Mulyadi menyambangi kawasan Masyarakat Hukum Adat (MHA) Mului Desa Swan Slotung di Kecamatan Muara Komam, Kabupaten Paser dalam rangkaian Kunjungan Kerja ke wilayah selatan Kaltim, Rabu (8/6/2022).

Wagub Kaltim yang didampingi Wakil Bupati Paser Syarifah Masita , Anggota DPRD dan beberapa Kepala Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) Provinsi Kaltim ini memberikan Surat Keputusan (SK) Hutan Adat Swan Slotung.

Diketahui desa ini hanya bisa ditembus menggunyakan kendaraan roda dua jenis Adventure.

Selain itu, beberapa bingkisan juga turut diberikan, antara lain Piagam Penghargaan kepada Kepala Adat, Piagam Penghargaan kepada Yayasan Perkumpulan Padi Indonesia dari Dinas Kehutanan Prov.Kaltim serta Pemberian bibit pohon endemic dan buah 1.348 pohon (UPT. KPHP Telake).

Pada kunjungannya ke Desa Swan Slotung ini, Wakil Gubernur juga melakukan tinjauan ke peninjauan Sekolah Dasar, Musola, dan memberikan bantuan sosial bagi masyarakat setempat.

Sejumlah OPD pun turut memberikan bantuannya, yakni Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kaltim memberikan bantuan berupa sembako 34 paket Speaker aktif, Pakaian Layak Pakai serta Kelengkapan Sholat (sajadah dan mukena).

Dari Dinas Pangan TPH Kaltim memberikan bibit jeruk 25 buah, bantuan alat tanam jagung 1 unit dan bantuan 10 kg benih jagung.

Sedangkan Dinas Perkebunan Kaltim
memberikan bibit aren genjah 200 pohon.
Selanjutnya Dinas Energi Sumberdaya Mineral Prov. Kaltim memberikan bantuan berupa Detail Engineering Design Pembangkit Listrik Tenaga Surya Komunal (DED PLTS Komunal).

Rumah Sakit AW Syahranie memberikan bantuan 50 paket sembako, Dinas Kesehatan Kaltim memberikan bantuan masker dan multivitamin, Dinas Lingkungan Hidup Kaltim memberikan pakaian layak pakai dan peralatan Sholat Dinas Pemuda dan OlahRaga Kaltim memberikan alat olahraga.

Setelah penyerahan secara simbolis oleh Wagub Kaltim untuk masyarakat desa yang berjumlah 36 Kepala Keluarga, 114 Jiwa tersebut Orang nomor 2 di Benua Etam ini melakukan ramah tamah dengan Masyarakat Adat Muluy.

“Saya senang berkunjung ke sini dan mengucapkan terimakasih kepada para masyarakat desa Swan Slutung karena telah menjaga hutan untuk kepentingan bangsa untuk generasi selanjutnya,” ungkap Hadi.

“Ini merupakan sejarah Wakil Gubernur Kaltim datang bersilahturahim ke desa Muluy Dusun Swan semoga apa yang kami perbuat untuk desa ini menjadi amal jariah,” tambahnya.

Pada saat perjalan menuju desa tersebut Hadi mengendarai sendiri motor Adventurenya, akibat kondisi jalan yang terjal dan licin membuat ia jatuh hingga dua kali. (Aji/adv/KominfoKaltim)

Leave a comment