Lomba Pangan Non Beras Tingkat Kaltim, TP PKK Kukar Raih Kategori Inovatif

0 1,447

Kaltimpedia.com, Tenggarong – Wakil Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kutai Kartanegara, Fety Puji Amelia amat bangga atas capaian perwakilan Kukar, berhasil meraih kategori inovatif dan juara harapan dua pada lomba pangan tingkat Kalimantan Timur.

TP PKK Kukar mengirimkan PKK Loa Duri Ilir, Kecamatan Loa Janan untuk mengikuti festival pangan lokal tingkat Provinsi Kaltim dilaksanakan di Samarinda, Kamis (21/10/2021). Kegiatan ini, diikuti perwakilan PKK se-Kaltim yang digelar oleh Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kaltim.

“Selamat dan terima kasih kepada teman-teman yang mewakili Kukar karena telah membanggakan Kukar”. Kata Fety istri Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin.

Diketahui pelaksanaan ini sebagai bentuk gerakan diversifikasi pangan, upaya mendorong masyarakat agar memvariasikan makanan pokok yang dikonsumsi sehingga tidak terfokus pada satu jenis saja seperti beras, Jadi, konsumsi pangan lokal non beras dan non terigu sebagai sumber karbohidrat altenatif dengan tagline kenyang tidak harus nasi.

Fety menyebutkan, hal ini senada yang disampaikan dan dipesankan oleh Gubernur Kaltim Isran Noor kepada seluruh jajaran TP PKK se-Kaltim.

“Untuk teman-teman seperti pesan pak gubernur tadi, kurangi nasi dan kalau bisa menggunakan olahan-olahan di daerah kita seperti singkong dan juga talas”. Ungkapnya.

Secara terpisah, Ketua Pokja 3, Yuli Ningsih menuturkan, olahan yang dibuat merupakan hasil dari tanaman perkarangan rumah di Loa Duri Ilir. Karena pangan non beras, maka bahan bakunya dari singkong, pepaya, dan sejumlah dedaunan, kemudian dibikin jadi nasi singkong lapis, punduk nila, tahu cantik daun labu dan sayur urap.

“Kebetulan kami punya tanaman sendiri, jadi itulah yang kami ikutkan lomba pangan non beras dari provinsi”. Pungkasnya. (Dha)

Leave a comment