Memperkuat Toleransi dan Menolak Paham Radikal Melalui Sosialisasi Wawasan Kebangsaan

0 1,890

Kaltimpedia.com, Loa Janan – Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun kembali menyelenggarakan sosialisasi wawasan kebangsaan ke-1 di Kecamatan Loa Janan, Kutai Kartanegara pada Rabu (31/1/2024).

Dalam upaya membangun kehidupan berbangsa dan bernegara yang harmonis, masyarakat Indonesia terus menerapkan nilai-nilai toleransi sebagai landasan utama. Pada hari ini, kita merayakan semangat persatuan dan kesatuan, mengutuk segala bentuk ekstremisme, serta menekankan pentingnya saling menghormati perbedaan.

Di tengah tantangan global yang semakin kompleks, menjaga persatuan dan toleransi menjadi prinsip kunci untuk menjaga keamanan dan stabilitas negara. Kita sebagai masyarakat Indonesia memiliki tanggung jawab bersama untuk memperkuat nilai-nilai kebangsaan yang menjunjung tinggi persatuan dalam keberagaman.

“Langkah pertama dalam mewujudkan masyarakat yang toleran adalah dengan terus meningkatkan pemahaman tentang keberagaman budaya, agama, dan suku di Indonesia. Pendidikan multikultural harus diperkuat, tidak hanya di sekolah tetapi juga melalui berbagai media sosial dan informasi,” ungkap Samsun saat menyampaikan sambutan.

Penting untuk terus memberdayakan pemuda, sebagai agen perubahan yang potensial. Melalui pembekalan keterampilan sosial dan pendidikan, pemuda dapat menjadi garda terdepan dalam menolak paham radikal dan mempromosikan nilai-nilai toleransi.

“Kita harus mengingat bahwa Indonesia adalah rumah bagi berbagai kelompok masyarakat dengan latar belakang yang beragam. Dengan memahami dan menghargai perbedaan tersebut, kita dapat membangun bangsa yang kuat dan bersatu, serta menolak segala bentuk radikalisme yang dapat merusak keberagaman dan persatuan kita,” tutup Samsun.

Leave a comment