Menanggulangi Rasa Jenuh, DPRD Kaltim Dukung Penggunaan VR Untuk Media Pembelajaran

0 812

Kaltimpedia.com, Samarinda – Ikatan Guru Indonesia (IGI) menemui Komisi IV DPRD Kaltim dalam rangka membahas program Virtual Reality (VR) yang akan digunakan sebagai media pembelajaran, di Gedung D DPRD Kaltim Karang Paci, pada Selasa pagi (16/2/2021).

Pertemuan ini langsung di hadiri Ketua IGI Kaltim, Suparno Gofar yang menyampaikan bahwa teknologi VR ini merupakan aplikasi terbaru agar selama kegiatan belajar dan mengajar menjadi suasa yang menyenangkan. Pasalnya menurut IGI Kaltim saat ini para siswa sudah mulai bosan dengan pembelajaran via daring.

“Penerapan ini diharapkan untuk kemajuan pendidikan di Kaltim, jadi harus diapresiasi. Nantinya rekomendasi dari Komisi IV akan kami sampaikan ke Bank Kaltimtara untuk pendanaan. Dari CSR juga akan digunakan untuk kegiatan ini,” ungkap Suparno.

ia menyampaikan kelebihan dari pemebalajaran menggunakan VR ini mampu menciptakan suasana yang interaktif antara guru dan siswa. Rencanya akan ada 2.750 guru dan siswa se-kaltim yang akan dilatih menggunakan VR ini.

Ketua Komisi IV, Rusman Ya’qub merespon hal ini dengan positif. Penggunaan VR ini dirasa penting untuk meningkatkan potensi guru agar lebih kreatif dan mudah dimengerti bagi siswa terlebih lagi selama pembelajaran via daring.

“Dari konten yang disajikan, siswa bisa belajar virtual. Walaupun di rumah, tapi suasananya seolah-olah seperti tatap muka seperti biasa. Padahal ini adalah bantuan teknologi. Ini harus dikembangkan,” ungkap Ketua PPP Kaltim itu.

Rusman yakub menyampaikan Komisi IV akan memberikan dukungan penuh terkait program yang dicanangkan ini dengan catatan, semua guru sudah terlatih.

Leave a comment